Bukan Gedung Mewah, Apartemen Umum Sederhana Jadi Saksi Hidup Putin Kecil

Bukan Gedung Mewah, Apartemen Umum Sederhana Jadi Saksi Hidup Putin Kecil Kredit Foto: Getty Images/TASS/Mikhail Klimentyv

Vladimir Vladimorivich Putin lahir di Leningrad (kini St. Petersburg) Rusia, pada 7 Oktober 1952. Ia tumbuh bersama keluarganya di sebuah apartemen umum.

“Saya berasal dari keluarga biasa, dan beginilah cara saya hidup untuk waktu yang lama, hampir sepanjang hidup saya. Saya hidup sebagai orang biasa dan normal dan saya selalu menjaga hubungan itu,” kenang Putin, dikutip laman Kremlin.ru.

Baca Juga: Kediaman-kediaman Vladimir Putin, Ada yang Disebut Rumah hingga Masih Misterius

Ibunya, Maria Shelomova dan ayahnya, Vladimir Spiridonovich memiliki hidup sederhana. Mereka menikah di usia 17 tahun setelah pindah dari St. Petersburg ke sebuah desa kecil bernama Pominovo. 

Itu semua terjadi saat Perang Dunia I pecah, kehidupan di St Petersburg semakin berat, kelaparan di mana-mana, sehingga keluarganya memutuskan pindah ke Pominovo. Itu adalah sebuah desa di Tver Region, daerah asal nenek Putin. 

Dari sebuah apartemen umum (komunalka), Putin dibesarkan oleh ayah dan ibunya. Itu berlokasi di St Petersburg sekembalinya dia dan keluarganya tahun 1932. Mereka mengakui bahwa hidup di pinggiran kota, tetapi tetap bangga meskipun ini adalah sebuah penurunan.

Putin mengaku tidak ada yang spesial, dia senang hidup sederhana. Keluarganya biasa memasak sup kubis, irisan daging, panekuk, tapi pada hari Minggu dan hari libur, ibu Putin akan membuat roti isi yang sangat lezat bernama Pirozhki, dengan isi kubis, daging dan nasi, serta kue tar. 

“Itu adalah sebuah bangunan dengan halaman yang sangat bagus. Lantai lima. Tidak ada lift. Sebelum perang [Perang Dunia II], orang tua saya menempati setengah dari rumah di Peterhof dan sangat bangga dengan standar hidup yang telah mereka capai saat itu. Itu tidak terlalu banyak, tetapi itu tampak seperti mimpi pamungkas bagi mereka,” jelas Putin.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini