Cegah Terinfeksi Covid-19, Jauh-jauh Deh dari 5 Tempat Ini...

Cegah Terinfeksi Covid-19, Jauh-jauh Deh dari 5 Tempat Ini... Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Kasus Covid-19 di beberapa negara meningkat kembali setelah adanya varian delta yang lebih menular. Varian ini juga telah dikaitkan dengan kasus breakthrough infections atau infeksi ulang setelah di vaksin penuh.

Dalam upaya mencegah infeksi dari varian Covid-19 apapun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekarang memperbarui panduan untuk memakai masker wajah di dalam ruangan demi mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga: Ada Hubungan Antara Covid-19 dan Alzheimer

Tak hanya itu, Imunolog asal AS, Leo Nissola, juga menyarankan agar masyarakat tidak bepergian ke beberapa tempat yang bisa meningkatkan peluang tertular Covid-19. Untuk lebih jelasnya, berikut seperti dilansir dari EatThisNotThat, Ahad (1/8).

1. Tidak makan di restoran
Ketika Anda meninggalkan rumah dan pergi ke restoran, Anda berisiko tertular Covid-19. Sebab menurut Leo, tidak ada cara untuk memprediksi seberapa baik ventilasi di restoran yang akan didatangi. Tak hanya itu, Anda juga berpotensi membangun kontak dengan pelanggan lain.

2. Hindari kerja di ruang kantor
Kantor biasanya berventilasi buruk, terutama di daerah perkotaan yang padat. Artinya, kembali bekerja ke kantor bisa meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19 melalui partikel aerosol yang menyebar di udara.

Bahkan dengan menjaga jarak fisik saja, sulit untuk terhindar dari paparan virus yang menyebar di udara. Aerosol adalah cara paling umum bagi Delta untuk menyebar dari orang ke orang.

“Bekerja di kantor dalam ruangan bukanlah ide yang cerdas saat ini, kecuali Anda selalu mengenakan masker N95,” kata Leo.

3. Hindari tempat ibadah
Delta menyebar dengan cepat, dan ventilasi di tempat-tempat ibadah biasanya tidak terlalu baik. Jika ada orang yang membawa virus corona Delta, Anda kemungkinan besar akan tertular. Jika Anda terpapar, Anda akan membawa pulang virus itu dan menularkannya kepada keluarga.

4. Hindari kapal pesiar
Berbagi pasokan air dan udara di kapal pesiar selama pandemi Covid-19 adalah kesalahan besar. Hampir tidak mungkin untuk mengikuti pedoman jarak sosial dan jika seseorang membawa virus, sulit untuk mengendalikan penyebarannya.

5. Jangan belanja secara langsung
Hindari berbelanja di toko yang penuh sesak. Jika Anda harus membeli secara langsung ke toko, usahakan untuk tidak berlama-lama untuk menghindari paparan virus melalui udara. Kenakan masker wajah berkualitas baik, jaga jarak fisik dan hindari kerumunan.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini