BI Luncurkan SPIP Integrasikan Data Sistem Pembayaran

BI Luncurkan SPIP Integrasikan Data Sistem Pembayaran Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Bank Indonesia (BI) meluncurkan Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan Indonesia (SPIP). SPIP yang terbit secara bulanan merupakan kumpulan indikator yang menggambarkan perkembangan berbagai indikator terkait SP PUR (Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah), termasuk sistem dan infrastruktur pasar keuangan Indonesia. Statistik ini dapat dilihat di website Bank Indonesia pada menu Statistik Ekonomi Keuangan mulai tanggal 31 Juli 2021.

Cakupan SPIP meliputi indikator terkait pengedaran uang, sistem pembayaran, maupun sistem setelmen yang berlaku di Indonesia, yang dapat menggambarkan perkembangan instrumen maupun infrastruktur sistem pembayaran tunai - non tunai dan setelmen yang tersedia di Indonesia.

"SPIP diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi terkait perkembangan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR) di Indonesia, serta sebagai media komunikasi dan edukasi kepada stakeholder mengenai pelaksanaan tugas dan kebijakan SP PUR," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Dia menyebutkan, peluncuran SPIP merupakan bagian dari penyempurnaan sejumlah statistik sistem pembayaran yang telah ada sebelumnya. Penyempurnaan ditujukan untuk menghilangkan redudansi data sistem pembayaran dan memenuhi kebutuhan data end user.

"SPIP memiliki cakupan data yang lebih lengkap dan granular, series data lebih panjang, terdapat tools validasi, metadata yang lengkap, terkini dan konsisten, serta menganut kaidah keteraturan yang ditetapkan dalam penyusunan statistik," ungkapnya.

Adapun proses penyusunan SPIP ini mengacu pada data yang dikelola oleh BI, termasuk yang bekerjasama dengan otoritas dan lembaga pendukung pasar keuangan di Indonesia lain seperti PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia, serta PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: