Pasien Covid-19 Bergejala Sedang-Berat, Yuk Lakukan Isolasi Terpusat

Pasien Covid-19 Bergejala Sedang-Berat, Yuk Lakukan Isolasi Terpusat Kredit Foto: Instagram/Wiku Adisasmito

Dalam dua pekan terakhir, angka kematian pasien Covid-19 di Indonesia terus meninggi. Kondisi demikian perlu disikapi serius oleh masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat yang disiapkan pemerintah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan bahwa isolasi terpusat diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang mengalami gejala sedang hingga berat. Selain itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki tempat memadai untuk melakukan isolasi mandiri juga disarankan melakukan isolasi terpusat. Baca Juga: Don't Worry! Semua Vaksin Covid-19 di Indonesia Itu Baik dan Terbukti Aman

"Masyarakat, yang bergejala sedang, berat, atau berusia di atas 45 tahun, atau memiliki komorbid, dan atau tidak memiliki tempat yang memadai melakukan isolasi mandiri, kami mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri," tegas Wiku dilansir pada Jumat, 30 Juli 2021. Baca Juga: Pemerintah Amankan 440 Juta Dosis Vaksin, dr. Reisa: Yuk, Vaksin!

Wiku melanjutkan, dengan melakukan isolasi terpusat, pasien bisa mendapat perawatan yang memadai serta mendapat pengawasan langsung dari tenaga medis. Dengan demikian, kondisi yang buruh dapat diminimalkan. Sementara untuk pasien bergejala ringan diimbau untuk melakukan isolasi mandiri dengan tetap memperhatikan kondisi tubuh.

"Pastikan selama isolasi mandiri, untuk makan makanan yang bergizi, minum obat dan secara berkala mengecek termperatur serta saturasi oksigen," pungkasnya lagi.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: