Eks Capres AS Sebut Bitcoin Berguna Atasi Tantangan Keuangan Tradisional

Eks Capres AS Sebut Bitcoin Berguna Atasi Tantangan Keuangan Tradisional Kredit Foto: Unsplash/Dmitry Demidko

Senator dan mantan kandidat presiden Amerika Serikat Elizabeth Warren percaya bahwa industri aset digital dapat menjadi alat untuk mengatasi beberapa tantangan dalam sistem keuangan tradisional.

Seorang yang dikenal skeptis terhadap cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC), Warren tampaknya telah melunakkan pendiriannya terhadap industri crypto dalam wawancara CNBC Squawk Box pada hari Rabu, menyatakan bahwa mata uang digital dapat menjadi instrumen untuk menyimpan bank yang tidak memiliki rekening bank.

Baca Juga: Bitcoin Turun, Tesla Rugi Jutaan Dolar

“Telah terjadi kegagalan besar oleh bank-bank besar untuk menjangkau konsumen di seluruh negeri. Mata uang digital dan mata uang digital bank sentral mungkin menjadi jawaban di sana,” katanya dikutip dari Cointelegraph, Kamis (29/7/2021).

Senator menekankan bahwa sistem keuangan yang ada memiliki banyak masalah, menunjukkan bahwa beberapa solusi terkait cryptocurrency dapat menjadi solusi potensial untuk masalah ini.

“Pertanyaan yang harus kami ajukan adalah untuk melihat desain crypto untuk melihat di mana itu mungkin lebih baik tetapi juga untuk melihat di mana ia dapat menyuntikkan risikonya sendiri ke dalam sistem,” kata Warren.

Tetapi meskipun melihat potensi cryptocurrency untuk memecahkan tantangan sistem keuangan yang mapan, Warren masih mengulangi beberapa kekhawatirannya atas risiko investasi cryptocurrency.

"Kekhawatiran saya adalah bahwa pasar yang sepenuhnya tidak diatur adalah pasar di mana pada akhirnya orang-orang yang membayar harganya adalah investor kecil dan pembayar pajak," kata sang senator.

Senator juga membandingkan pasar cryptocurrency saat ini dengan penjual minyak ular di hari-hari sebelum pemerintah mulai mengatur obat-obatan, menyatakan bahwa kerangka peraturan yang lebih kuat akan mencegah penipuan di industri crypto dan membuatnya lebih aman.

“Saya tidak ingin menunggu sampai banyak orang, banyak pedagang kecil, benar-benar musnah. Saya pikir aturan jalan yang ada di awal bahwa orang-orang berkata, 'Kami punya polisi yang siap,' memberi orang banyak kepercayaan diri," kata Warren.

Komentar terbaru Warren tentang crypto datang tak lama setelah senator menyebut pemain dan penggemar terkait crypto sebagai “kelompok pembuat kode dan penambang super bayangan dan tanpa wajah” pada hari Selasa sebuah panel pers yang ditujukan untuk crypto.

Sang senator juga dikenal karena menyebut cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai mata uang palsu, sambil menyatakan bahwa mata uang digital bank sentral memiliki janji besar.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini