Apa Itu Intel Core i5?

Apa Itu Intel Core i5? Kredit Foto: Unsplash/Slejven Djurakovic

Core i5 adalah prosesor komputer yang dikembangkan dan diproduksi oleh Intel. Prosesor ini tersedia dalam varian dual-core dan quad-core. Core i5 juga dapat digunakan di komputer desktop dan laptop, dan merupakan salah satu dari empat jenis prosesor dalam seri "i" (keluarga Intel Core). Prosesor i5 pertama dirilis pada September 2009 dan generasi terbaru i5 telah dirilis pada tahun 2020.

Intel Core i5 Tersedia dalam Berbagai Varian

Prosesor Core i5 tersedia dalam berbagai kecepatan, mulai dari 1,90 GHz hingga 3,80 GHz, dan memiliki fitur cache sebesar 3 MB, 4 MB, atau 6 MB. Prosesor ini menggunakan soket LGA 1150 atau LGA 1155 pada motherboard. Prosesor Core i5 paling sering ditemukan dalam varian quad-core, atau memiliki empat core. Namun, beberapa prosesor Core i5 kelas atas tertentu memiliki enam core.

Baca Juga: Intel Resmi Bawa Tiger Lake-H ke Indonesia

Jenis RAM yang paling umum digunakan dengan prosesor Core i5 adalah DDR3 1333 atau DDR3 1600. Namun, RAM dengan performa yang lebih tinggi juga dapat digunakan jika RAM tersebut support dengan motherboard-nya.

Bagaimana Tingkat Konsumsi Daya Core i5?

Penggunaan daya bervariasi untuk prosesor Core i5:

Kecepatan lambat (1,90 GHz hingga 2,30 GHz) menggunakan daya 11,5 W

Kecepatan sedang (2,60 GHz hingga 3,10 GHz) menggunakan daya 15 W, 25 W, 28 W, atau 37 W

Kecepatan lebih cepat (3,20 GHz hingga 3,80 GHz) menggunakan daya 35 W, 37 W, 45 W, 47 W, 65 W, atau 84 W

Prosesor Core i5 umumnya digunakan pada komputer desktop untuk sebagian besar penggunaan sehari-hari dan beberapa kebutuhan untuk kinerja yang lebih tinggi.

Beberapa komputer laptop juga memiliki fitur prosesor Core i5 sehingga dapat memberikan peningkatan kinerja untuk kebutuhan penggunaan yang lebih berat. Pada kecepatan yang lebih rendah, tingkat konsumsi daya baterai laptop terbilang standar, yang dapat mencapai hingga lima jam dalam sekali pengisian daya. Namun, pada kecepatan yang lebih tinggi, tingkat konsumsi daya baterai laptop meningkat lebih tinggi dan bisa hingga tiga jam atau lebih dalam sekali pengisian daya.

Budget, Tipe Pengguna, dan Segmen Pasar Intel Core i5

Berikut adalah beberapa deskripsi umum tentang biaya, tipe pengguna, dan segmen pasar bagi laptop dan PC desktop yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5:

1. Core i5 termasuk golongan prosesor tingkat menengah

Core i5 adalah prosesor Core kelas menengah atau "mainstream" dengan budget yang tergolong tidak murah, tetapi juga tidak mahal.

2. Core i5 sering digunakan oleh beragam tipe pengguna

Pengguna multi-tasker (kantor, rumah, atau sekolah);

Pengguna aplikasi bisnis yang menuntut kinerja device yang tinggi;

Pemain video game (dengan spesifikasi menengah hingga tinggi).

3. Segmen pasar Core i5 mulai dari pembuatan konten hingga kebutuhan video game

Intel Core i5 biasa digunakan untuk pembuatan konten (pengeditan video, animasi, dan lainnya), memainkan sebagian besar judul video game AAA (tetap harus disesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan), dan masih banyak lagi.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: