Bidik Sejumlah Sektor, Grab-Emtek Group Kolaborasi

Bidik Sejumlah Sektor, Grab-Emtek Group Kolaborasi Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group), salah satu perusahaan teknologi, telekomunikasi bersama Grab hari ini mengumumkan kemitraan strategis.

Melalui kemitraan ini, perusahaan membidik peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, juga layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. telah menginvestasikan 375 juta dollar AS di PT. Grab Teknologi Indonesia. Grab juga telah merampungkan investasi ke Emtek Group.

Baca Juga: Grab Berperan Aktif Jadi Mitra Pemerintah dalam Urusan Pemulihan Ekonomi

Kedua perusahaan akan bersatu dalam mewujudkan misi bersama untuk menciptakan masa depan digital bagi Indonesia yang menjangkau semua. Kedua perusahaan mengeklaim kolaborasi Grab dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia.

Sebanyak 99% dari semua bisnis Tanah Air adalah bisnis UMKM, tetapi hanya 21% yang memiliki akses digital. Grab dan Emtek Group akan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan), sebuah program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UMKM di kota-kota tier 2 Indonesia.

Festival Kota Mapan pertama, yang akan diselenggarakan di Solo pada September 2021, akan menargetkan 1.000 UMKM dan fokus pada program dukungan terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas mereka melalui program pelatihan yang dikurasi dan intensif, serta solusi teknologi yang dikostumisasi, didukung oleh Bukalapak, GrabFood, GrabKios, dan GrabMart.

Agar UMKM dapat tetap bertahan dan terus berkembang di masa pandemi yang berkepanjangan ini, diperlukan dukungan baik dari sektor publik maupun swasta.

"UMKM kita memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghasilkan produk yang inovatif dan berkualitas. Meskipun sebagian besar dari mereka berjuang menghadapi tantangan saat ini, ada peluang besar untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui transformasi digital," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki, Senin (26/7/2021).

Portofolio Emtek Group yang terdiversifikasi mencakup bisnis media di mana SCTV dan Indosiar merupakan dua jaringan televisi free-to-air nasional terkemuka dengan pangsa pemirsa mencapai lebih dari 26%, platform over-the-top (OTT) Vidio yang memiliki lebih dari 70 juta pengguna dan menempati posisi ke-3 OTT terbesar di Asia Tenggara, dan bisnis-bisnis digital lainnya seperti all-commerce marketplace Bukalapak, online publisher KLY, beragam solusi bisnis, serta sektor kesehatan melalui kepemilikan 6 rumah sakit.

Selama 3 tahun terakhir, mitra pengemudi, mitra merchants, dan mitra agen Grab secara kolektif telah memperoleh pendapatan lebih dari Rp92 triliun (US$6,5 miliar) melalui platform Grab.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: