Amerika Turun Tangan Hadapi Taliban, Afghanistan Terapkan Jam Malam di Kota-kota

Amerika Turun Tangan Hadapi Taliban, Afghanistan Terapkan Jam Malam di Kota-kota Kredit Foto: Getty Images/AFP/Wakil Kohsar

Pemerintah Afghanistan menetapkan jam malam di nyaris seluruh wilayah negara tersebut pada Sabtu, sebagai upaya menghentikan Taliban menginvasi kota-kota. Selain ibu kota Kabul dan dua provinsi lain, pergerakan akan dilarang sejak pukul 22.00 hingga 04.00.

Pertikaian antara Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan semakin memanas di dua bulan terakhir, terutama setelah pasukan internasional menarik diri dari negara tersebut.

Baca Juga: Amerika Terpaksa Kembali Turun Tangan saat Serangan Taliban Menjadi-jadi

Kelompok militan Taliban diperkirakan telah menduduki kembali separuh dari semua wilayah Afghanistan.

Pergerakan kelompok ini semakin cepat setelah pasukan AS menarik diri, mereka merebut kembali daerah-daerah perbatasan dan wilayah lain di desa-desa.

Taliban - milisi fundamentalis Islam yang kekuasaannya tersingkir setelah invasi AS lebih dari 20 tahun yang lalu - juga telah mengambil alih jalan-jalan utama guna memotong rute distribusi barang.

Para pejuang kelompok ini telah mendekat sejumlah kota besar, namun sejauh ini belum berhasil menduduki satupun.

"Untuk meredam kekerasan dan membatasi pergerakan Taliban, pembatasan jam malam telah diberlakukan di 31 provinsi," kata Kementerian Dalam Negeri melalui pernyataan.

Namun pemerintah mengatakan Kabul, Panjshir, dan Nangahar dikecualikan dari aturan jam malam tersebut.

Seiring dengan serangan Taliban, bentrokan sengit telah terjadi pekan ini di luar Kota Kandahar.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: