Benarkah Kabar Amerika Danai Investigasi Corona di Lab Wuhan? Pakar CDC Dibikin Berdebat

Benarkah Kabar Amerika Danai Investigasi Corona di Lab Wuhan? Pakar CDC Dibikin Berdebat Kredit Foto: Getty Images/Bloomberg/Kevin Dietsch

Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Anthony Fauci, berdebat dengan senator Rand Paul dari Partai Republik.

Perdebatan tentang asal-usul virus corona belum usai, namun polemik baru telah muncul terkait penelitian yang dilakukan di China dengan bantuan dana dari pemerintah Amerika Serikat.

Baca Juga: Bukan China atau Wuhan, Negara Ini Bicara Kemunculan Covid-19 untuk Pertama Kalinya

Persoalan ini berkaitan dengan dugaan yang belum terbukti bahwa virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, kota tempat virus itu pertama kali terdeteksi.

Desas-desus itu merujuk pada penelitian virus dari kelelawar di Institut Virologi Wuhan.

Senator Partai Republik, Rand Paul, menuduh uang pemerintah AS mendanai penelitian di lembaga itu.

Paul menuding, riset tersebut akhirnya membuat beberapa virus (bukan virus corona) lebih menular dan lebih mematikan. Proses itu dikenal sebagai gain-of-function atau mutasi yang meningkatkan fungsi virus.

Namun tuduhan Paul itu sudah dibantah dengan tegas oleh Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Anthony Fauci.

Apa yang dimaksud riset 'gain-of-function'?

"Gain-of-function" merupakan proses saat suatu organisme mengembangkan kemampuan baru (atau fungsi).

Proses ini dapat terjadi di alam, tapi juga bisa di laboratorium, saat para ilmuwan memodifikasi kode genetik atau menempatkan organisme di lingkungan yang berbeda. Ini dilakukan untuk mengubah genetik dengan cara tertentu.

Salah satu contoh riset ini adalah saat para ilmuwan mencoba membuat tanaman tahan kekeringan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini