Zionis Israel Bilang Efektivitas Vaksin Pfizer Turun 39 Persen, Apa Penyebabnya?

Zionis Israel Bilang Efektivitas Vaksin Pfizer Turun 39 Persen, Apa Penyebabnya? Kredit Foto: Unsplash/Mika Baumeister

Efektivitas vaksin Covid-19 Pfizer di Israel turun menjadi 39 persen, kata Kementerian Kesehatan pada Kamis (22/7/2021).

Angka baru itu merujuk pada periode antara 20 Juni-17 Juli, kata kementerian dan menambahkan bahwa bahwa penurunan yang sedang berlangsung diawasi bersamaan dengan penyebaran varian Covid-19 Delta di Israel.

Baca Juga: Gabungan Dosis AstraZeneca dan Pfizer Manjur Tangkis Infeksi Varian Delta, Ini Alasannya

Tingkat efektivitas terbaru secara signifikan lebih rendah dari 64 persen yang diukur antara 6 Juni-3 Juli dan 94,3 persen dari periode 2 Mei-5 Juni.

Namun, efektivitas vaksin dalam mencegah penyakit Covid-19 parah di Israel saat ini diperkirakan mencapai 91,4 persen dan 88 persen mencegah rawat inap.

Sejak gerakan vaksinasi Covid-19 Israel dimulai pada 20 Desember 2020, lebih dari 5,75 juta orang di Israel atau setara 61,6 persen populasi, telah menerima dosis pertama. Sebanyak 5,28 juta orang telah mendapatkan dosis kedua. 

Israel menjadi pelopor dalam inokulasi Covid-19 setelah memperoleh jutaan dosis dari Pfizer sebagai imbalan untuk berbagi data kesehatan yang luas tentang dampaknya.  

Peluncuran vaksin awal dari vaksin Pfizer-BioNTech termasuk yang tercepat di dunia, memberikan dua dosis vaksin ke lebih dari 55 persen populasi, termasuk sekitar 85 persen orang dewasa. 

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: