Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tanggapi Kasus Vino, KPPPA Imbau Masyarakat Segera Lapor Jika Lihat Kasus Serupa

Tanggapi Kasus Vino, KPPPA Imbau Masyarakat Segera Lapor Jika Lihat Kasus Serupa Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menanggapi kasus Alviano Dava Raharjo atau Vino yang menjalani isolasi mandiri (isoman) seorang diri di rumahnya pascameninggalnya kedua orang tuanya. KPPPA meminta masyarakat yang menemukan kasus serupa untuk segera melapor agar sang anak bisa segera mendapatkan pengasuh pengganti.

"Bapak, Ibu, silakan jika melihat di sekeliling ada kasus seperti itu lapor kepada SAPA 129. Itu adalah layanan pengaduan yang dimiliki oleh KPPPA dan kami akan segera bergerak untuk melihat kasus tersebut," kata Asisten Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus KPPPA, Elvi Hendriani, dalam webinar BNPB, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Anak Indonesia Perlu Dilindungi Di Masa Pandemi

Menurut Elvi, KPPPA akan segera bertindak memberikan perlindungan jika pemerintah daerah belum bisa mendampingi anak tersebut. "Jadi, kalau kasus Vino ini, nanti kami akan berkoordinasi dengan (pemerintah) Kalimantan Timur mengenai kasus Vino," imbuhnya.

Elvi meminta masyarakat berpartisipasi secara aktif untuk melaporkan kejadian-kejadian serupa sebab situasi pandemi juga memberikan dampak yang sulit bagi anak-anak.

"Saat ini banyak anak-anak yang terkena Covid atau terkena dampak Covid, khususnya anak-anak yang orang tuanya terkena Covid, baik itu pada waktu orang tuanya harus dirawat, isoman, bahkan meninggal dunia," jelasnya.

"Di sinilah saya sampaikan, salah satu kelompok yang juga bertanggung jawab adalah masyarakat, yaitu memberikan informasi jika ada teman-temannya yang memang mengalami hal-hal pelanggaran pada anak," tegas Elvi.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan