Menlu Rusia dan Utusan Khusus PBB untuk Suriah Siap Bertemu di Moskow

Menlu Rusia dan Utusan Khusus PBB untuk Suriah Siap Bertemu di Moskow Kredit Foto: Reuters/Maxim Shemetov

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Utusan Khusus PBB untuk Suriah Geir Pedersen membahas masalah kemanusiaan di Suriah pada Kamis (22/7/2021). Mereka juga akan implementasi resolusi Dewan Keamanan PBB tentang penyelesaian pada pertemuan di Moskow.

Lavrov menyatakan harapan bahwa adopsi resolusi baru mengenai masalah kemanusiaan akan mengubah situasi menjadi lebih baik.

Baca Juga: AS Cabut, Giliran Rusia Kerahkan Tank

"Resolusi tersebut dengan jelas mengatakan harus ada pengiriman barang kemanusiaan lintas jalur, dan resolusi yang sama mengatur proyek-proyek khusus yang bertujuan untuk memulihkan listrik, pasokan air, fasilitas kesehatan, sekolah," katanya, dikutip laman Anadolu Agency, Jumat (23/7/2021).

"Ada mandat yang sangat jelas di samping itu. ke 2254 agar sekretaris jenderal tidak hanya melakukan semua itu tetapi melaporkan secara teratur bagaimana proyek-proyek ini dilaksanakan," katanya tentang resolusi untuk "peta jalan" yang diadopsi pada tahun 2015.

Lavrov menambahkan bahwa kunjungan Pedersen adalah "kesempatan yang bagus untuk bertukar penilaian, pandangan, dan melihat jalan ke depan," terutama karena pertemuan komite konstitusi berikutnya dapat segera diadakan.

"Tuan Pedersen yang terhormat, kami sangat senang menjadi tuan rumah sekali lagi Anda dan delegasi Anda untuk melanjutkan produksi kami yang sangat produktif, saya akan mengatakan, meskipun tidak selalu mudah, dialog tentang promosi penyelesaian di Suriah," katanya.

Pedersen menyetujui pentingnya resolusi tentang masalah kemanusiaan tetapi menekankan itu tidak boleh menutupi kebutuhan untuk mempromosikan solusi politik.

“Seperti yang saya katakan pada hari pengesahan resolusi ini, saya berharap pemahaman bersama yang kita buat tentang masalah kemanusiaan juga dapat dikembangkan menjadi lebih bersatu dalam masalah politik,” katanya.

"Perlu memastikan bahwa kita tidak hanya menangani masalah kemanusiaan tetapi juga semua masalah ditangani," tambah dia.

Pedersen mengusulkan agar semua pemain "duduk bersama dan mendiskusikan apa yang bisa kita semua bawa ke meja," termasuk mengenai masalah peningkatan situasi ekonomi dan pemersatu Suriah.

"Anda menyoroti masalah kemanusiaan, Anda juga tahu bahwa situasi ekonomi di Suriah sangat sulit, 9 dari 10 hidup dalam kemiskinan, kami memiliki Suriah dibagi menjadi tiga --kurang lebih-- wilayah, semua ini harus diubah. Tetapi untuk mengubah ini, kita perlu mulai bekerja secara konkrit dalam mengimplementasikan resolusi Dewan Keamanan PBB 2254," katanya.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: