Suara Erdogan Menggema di Telinga Amerika: Akan Ada Kesulitan Keuangan yang Serius...

Suara Erdogan Menggema di Telinga Amerika: Akan Ada Kesulitan Keuangan yang Serius... Kredit Foto: Instagram/Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa (20/7/2021) telah meminta Amerika Serikat (AS) untuk memenuhi "syarat" penting. Ini termasuk dukungan keuangan, logistik dan diplomatik, sehingga Turki dapat menjalankan dan menjaga bandara Kabul setelah pasukan asing lainnya mundur dari Afghanistan.

Turki telah menawarkan untuk mengerahkan pasukan ke bandara setelah NATO sepenuhnya menarik diri dan telah melakukan pembicaraan dengan AS selama beberapa minggu.

Baca Juga: Keras Keluar dari Mulut Erdogan: Taliban Segera Akhiri Pendudukan Saudara Muslim

Erdogan dan Presiden AS Joe Biden membahas masalah ini dalam pertemuan tatap muka pertama mereka di sela-sela KTT NATO pada bulan Juni. Namun Taliban, yang telah memperoleh wilayah ketika pasukan asing pimpinan AS menarik diri, telah memperingatkan Turki untuk tidak melakukannya.

Erdogan, berbicara dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa (20/7/2021) dari Siprus Utara, mengakui bahwa Taliban memiliki keberatan tetapi mengatakan Turki tetap akan melaksanakan misi tersebut selama AS, mitra NATO, memenuhi tiga persyaratan khusus Turki. Syaratnya adalah dukungan AS dalam hubungan diplomatik, penyerahan fasilitas logistik, dan dukungan keuangan dan administrasi.

“Jika kondisi ini bisa dipenuhi, kami sedang memikirkan untuk mengambil alih pengelolaan bandara Kabul,” katanya, dikutip laman Al Jazeera, Rabu (21/7/201).

"Akan ada kesulitan keuangan dan administrasi yang serius ... (Amerika Serikat) akan memberikan dukungan yang diperlukan ke Turki dalam hal ini juga," tambah Erdogan, setelah menghadiri sholat subuh selama liburan Idul Adha.

Turki berharap misi bandara akan membantu menenangkan hubungan AS yang tegang di beberapa bidang termasuk pembelian pertahanan rudal S-400 Rusia.

“Taliban, yang mengadakan beberapa pembicaraan dengan Amerika, harus dapat membicarakan masalah ini dengan Turki dengan lebih nyaman,” kata Erdogan, seraya menambahkan bahwa dia yakin kesepakatan dapat dicapai.

Resul Serdar dari Al Jazeera mengatakan bahwa mengamankan pengoperasian bandara Kabul sangat penting karena merupakan satu-satunya pintu gerbang bagi masyarakat internasional.

“Turki ingin membuatnya tetap internasional karena takut skenario tertinggal begitu komunitas internasional keluar dari negara itu, dan berkonfrontasi dengan Taliban,” katanya, berbicara dari Istanbul.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini