Elang China Buka-bukaan Kelemahan Pemerintah Biden: Amerika Tidak Diam ... dengan China

Elang China Buka-bukaan Kelemahan Pemerintah Biden: Amerika Tidak Diam ... dengan China Kredit Foto: Getty Image/AFP

Mantan Wakil Presiden Ameria Serikat (AS) Mike Pence pada Rabu (14/7/2021) menyerukan untuk memberikan lebih banyak tekanan pada China untuk mengekang ketegasannya, seperti dengan memperkuat hubungan dengan Taiwan. Dia memperingatkan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden menandakan "kelemahan" dengan membalikkan beberapa kebijakan utama pendahulunya.

"Amerika tidak dapat tinggal diam dalam memperbaiki hubungan kami dengan China. Dan adalah kewajiban pemerintahan Biden untuk menjaga tekanan, mengambil langkah dan memimpin Amerika maju," Pence, yang memegang jabatan tertinggi kedua selama empat tahun hingga Januari di bawah Presiden Republik Donald Trump, mengatakan dalam pidato di sebuah think tank konservatif di Washington.

Baca Juga: China Sambut Penarikan Amerika sebagai Peluang Bari buat Afghanistan, Ini Alasannya

Pence, yang dikenal sebagai elang China, menuduh pemerintahan Demokrat saat ini "berguling" untuk Beijing seperti dengan bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris dan Organisasi Kesehatan Dunia, yang keduanya telah keluar dari pemerintahan Trump sambil mengkritik upaya multilateral sebagai terlalu lunak menuju China.

"Perasaan saya adalah bahwa China merasakan kelemahan dalam pemerintahan baru ini," kata Pence di Heritage Foundation, menyentuh "nada agresif yang berani" yang ditampilkan Beijing dalam pertemuan tatap muka pertama antara pejabat senior pemerintahan Biden dan diplomat China pada bulan Maret. 

"Orang Amerika secara harfiah, dalam pertemuan Alaska itu, memberi kuliah tentang kekurangan demokrasi kita, kebodohan nilai-nilai Amerika dan apa yang disebut superioritas sistem otoriter China," katanya, sebagaimana dilaporkan Kyodo News, Kamis (15/7/2021).

Di Alaska, para diplomat top dari kedua negara terlibat dalam perdebatan yang jarang terjadi di depan kamera TV mengenai perbedaan visi mereka untuk tatanan internasional, posisi mereka masing-masing dalam masalah hak asasi manusia dan demokrasi dan topik lainnya.

Adapun cara-cara untuk lebih menekan China, Pence menyarankan pemerintahan Biden harus menuntut negara Asia "bersikap bersih" tentang asal-usul virus corona baru di tengah spekulasi terus-menerus bahwa virus itu mungkin telah bocor dari laboratorium di pusat kota Wuhan di China sebelum menyebar ke seluruh dunia. 

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini