8.394 Personel TNI-Polri Diterjunkan Amankan Pelaksanaan PON XX Papua

8.394 Personel TNI-Polri Diterjunkan Amankan Pelaksanaan PON XX Papua Kredit Foto: Ferry Hidayat

Sebanyak 8.394 personel gabungan TNI- Polri diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan PON XX Papua yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021, yang akan berlangsung di empat wilayah, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. 

Kapolda Papua Irjen Pol Marthinus D Fakhiri mengatakan pelaksanaan PON XX 2021 di Papua akan berjalan dengan lancar dan aman.

Menurutnya Penyelenggaraan PON XX 2021 di Papua merupakan kebanggaan semua orang di Tanah Papua. Karena itu dia meyakini masyarakat Papua akan turut memberikan jaminan keamanan bagi semua saudara- saudara kita para kontingen yang akan hadir di Tanah Papua. 

Pada kesempatan tersebut Kapolda juga mengungkapkan jika pihaknya pun terus berkordinasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat diantaranya, pemerintah daerah di empat lokasi penyelenggaraan PON.

Kapolda pun telah memerintahkan para Kapolres yang wilayahnya menjadi lokasi PON XX melakukan kordinasi dengan para bupati agar penyelenggaraan PON bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

Kapolda juga mengakui memang masih ada sedikit gangguan yang terjadi di Tanah Papua. Namun demikian, ia memastikan bahwa gangguan itu lokasinya jauh dari tempat penyelenggaraan PON XX.

"Memang betul ada gangguan, tetapi kan itu bukan di tempat- tempat cluster yang akan melakukan penyelanggaraan PON. Dan itu juga intensitasnya sudah lebih berkurang 0,2 persen. Jadi tidak terlalu besar dan jauh dari empat cluster ini," jelas Kapolda, dalam acara Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang digelar secara virtual bertajuk bertajuk "Papua Siap Gelar PON XX 2021" pada Rabu (14/7/2021).

Kapolda juga berharap para kepala daerah yang wilayahnya masing sering terjadi gangguan bisa membantu TNI- Polri untuk melakukan pendekatan-pendekatan. Sehingga pada saat penyelenggaraan PON tidak ada hal - hal yang mengganggu kenyamanan para peserta kontingen.

Pihaknya pun dikatakannya akan segera melakukan simulasi penyelenggaraan PON XX 2021. Simulasi dilakukan agar acara pembukaan, penyelenggaraan dan penutupuan PON XX bisa berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: