Dua Pelindung Utama Presiden Haiti Mangkir dari Panggilan Jaksa Port-au-Prince

Dua Pelindung Utama Presiden Haiti Mangkir dari Panggilan Jaksa Port-au-Prince Kredit Foto: Getty Images/AFP/Valerie Baeriswyl

Kantor kejaksaan Port-au-Prince yang memimpin penyelidikan pembunuhan presiden Haiti pada Rabu (14/7/2021) mengatakan dua pejabat keamanan senior yang bertanggung jawab melindungi Jovenal Moise gagal menjawab panggilan mereka.

Mengutip AFP, Kamis (15/7/2021), Dimitri Herard, kepala bagian keamanan Moise, tidak hadir pada Rabu (14/7/2021). Begitu pula Jean Laguel Civil, koordinator keamanan presiden, yang dipanggil untuk hadir di pengadilan Selasa (13/7/2021), menurut seorang pejabat di kantor kejaksaan.

Baca Juga: Buntut Presiden Tewas dan Negara Kacau, Jalanan Ibu Kota Haiti Sepi dan Gelap

Herard dipanggil di tengah kecurigaan seputar mudahnya para pembunuh membunuh kepala negara. Dia juga sedang diselidiki di Bogota untuk beberapa perjalanan yang dia lakukan ke Kolombia, negara asal sebagian besar anggota regu pembunuh yang dicurigai, dan ke tujuan lain di Amerika Selatan.

Patrick Laurent, anggota pengadilan Port-au-Prince, mengatakan kepada AFP bahwa "penuntut dapat memutuskan untuk menutup berkas tersebut tanpa tindak lanjut atau menyerahkannya kepada hakim investigasi, karena ini tentang kejahatan."

Dia mengatakan kepala jaksa Bed-Ford Claude dapat memerintahkan polisi untuk membawa Herard ke persidangan.

Kantor kejaksaan Port-au-Prince telah mendengar dari tiga pemimpin partai politik oposisi: mantan senator Youri Latortue dan Steven Benoit serta mantan wakil Jerry Tardieu.

"Saya tidak tahu tentang pembunuhan ini, yang telah saya kutuk. Saya meminta (kepala kejaksaan) untuk melakukan penyelidikan menyeluruh untuk menemukan pelaku sebenarnya dan tidak menganiaya oposisi politik," kata Latortue kepada AFP setelah sidang Selasa. 

Dia mengatakan bahwa dengan memanggil anggota oposisi, "Saya pikir mereka berada di jalur yang salah."

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini