Jelaskan Maksud Drama Risma Soal Dipindah ke Papua, Dirjen: ASN Harus Mau Tinggalkan Keluarga

Jelaskan Maksud Drama Risma Soal Dipindah ke Papua, Dirjen: ASN Harus Mau Tinggalkan Keluarga Kredit Foto: Instagram/Tri Rismaharini

Anak buah Menteri Sosial, Tri Rismaharini, yakni Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Raden Harry Hikmat meluruskan istilah "Pergi ke Papua" yang dilontarkan oleh bosnya bukan lah bermaksud menghinda orang Papua.

In merupakan bentuk lecutan motivasi agar aparatur sipil negara (ASN) lebih peduli di masa gawat darurat pandemi. Selain itu, Risma ingin ASN punya empati terhadap kondisi terkini masyarakat, agar pegawai mampu bekerja dengan hati.

"Itulah yang dimaksudkan dengan pernyataan akan dipindahkan ke Papua, tempat yang paling jauh (dari Bandung) tapi masih di Indonesia. Seluruh pegawai harus mampu keluar dari zona nyaman, meninggalkan keluarga dan kenyamanan rutinitas yang dialami sehari-hari, untuk berperan mengatasi masalah sosial dari Aceh sampai Papua,” kata Harry dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Harry mengatakan arahan Risma dalam kunjungan kerjanya di Dapur Umum Balai Sosial Wyata Guna Bandung harus dimaknai sebagai situasi saat ini dalam kondisi kedaruratan.

"Kami harus belajar dari relawan Tagana (Taruna Siaga Bencana) bagaimana cara mengoperasikan dapur umum,” ujar Harry Hikmat.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini protes kepada sejumlah ASN yang ada di Balai Wyataguna Bandung karena dinilai tidak ikut membantu memasak di dapur umum yang dibuat oleh Kementerian Sosial untuk mendistribusikan makanan kepada masyarakat.

Saat kunjungan, Risma mendapati adanya dapur umum yang hanya dikerjakan oleh petugas dari Tagana dan petugas lainnya. Sementara ASN lainnya di lingkungan Kementerian Sosial hanya bekerja di dalam kantornya masing-masing.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: