Kalau Prabowo Subianto Salah Langkah, Hasilnya Akan Sia-sia...

Kalau Prabowo Subianto Salah Langkah, Hasilnya Akan Sia-sia... Kredit Foto: GenPI

Akademisi Politik Kacung Marijan memberikan pendapatnya terkait pernyataan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bahwa pemerintah harus melakukan investasi pertahanan untuk menjaga kekayaan Indonesia.

Prabowo Subianto mengatakan bahwa anggaran pertahanan negara sebesar 2 miliar dolar AS bisa menjaga kekayaan Indonesia yang mencapai 30 miliar dolar AS.

Menurut Kacung Marijan, Indonesia harus bisa mempertahankan diri dari berbagai bentuk serangan, baik fisik maupun nonfisik.

Baca Juga: Soal Menteri Pengkhianat, Anak Buah Prabowo Kena Semprot: Omong Kosong!

"Serangan pertahanan nonfisik, seperti serangan siber, itu sedang marak terjadi saat ini," jelas Kacung Marijan kepada GenPI.co, Selasa (13/7).

Pengajar di Universitas Airlangga itu mengatakan investasi pertahanan itu akan sia-sia jika hanya dipusatkan pada alutsista fisik saja.

Pasalnya, jika alat pertahanan negara kuat dan beragam, tetapi ketahanan sibernya buruk, Indonesia tetap bisa lumpuh.

"Oleh karena itu, konteks pertahanan itu harus dilihat dalam konteks yang lebih luas," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: