Ramalan Ekonomi Indonesia 2021 Ala Rizal Ramli Bikin Penasaran, Seperti...

Ramalan Ekonomi Indonesia 2021 Ala Rizal Ramli Bikin Penasaran, Seperti... Kredit Foto: Instagram/Rizal Ramli

Tokoh nasional, Rizal Ramli, memprediksi perekonomian Indonesia sepanjang 2021 itu akan seperti kurva W, yang bila dideskripsikan, setelah anjlok akan mengalami kenaikan sedikit, lalu anjlok lagi.

"Dan bisa jadi lebih dalam," kata Rizal Ramli, kemarin.

Baca Juga: Rizal Ramli Blak-blakan: Pemerintah Jokowi Gagal...

Mantan Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid itu menyayangkan strategi pemerintah yang tidak jelas di masa pandemi COVID-19 ini. Misalnya, selalu mengubah istilah, sementara kalangan rakyat bawah tidak merasakan perubahan yang berarti.

"UMKM yang kerap disebut sebagai salah satu bantalan perekonomian nasional pada kenyataannya juga sulit bergerak," ujarnya lagi.

Rizal menilai proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah pandemi yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hanyalah sebuah ilusi yang sulit dipercaya. Alasannya, faktanya selama ini forecasting yang disampaikan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu sering meleset.

Sri Mulyani memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua tahun ini akan mencapai angka 4,5 persen. Angka itu merupakan proyeksi pertumbuhan yang moderat.

Sementara, bila keadaan memburuk, pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua akan mencapai 3,7 persen.

“Ramalan-ramalan Sri Mulyani sejak tiga tahun lalu di dalam bidang makro ekonomi nyaris tidak benar dan banyak melesetnya,” kata dia.

“Diramalkan sampai 4,5 persen. Kalau ngibul jangan keterlaluanlah. Paling tumbuh 3 persen," lanjut Rizal.

Mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu menekankan bahwa pertumbuhan 3 persen itu tidak cukup, karena pengangguran akan lebih banyak.

"Kita harus tumbuh 7 persen supaya tenaga kerja baru mendapat pekerjaan,” katanya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: