Cemas Ideologi Komunis Menyebar, Amerika Bilang Perlu Tambah Pengawasan di Asia Tenggara

Cemas Ideologi Komunis Menyebar, Amerika Bilang Perlu Tambah Pengawasan di Asia Tenggara Kredit Foto: Geopolitical Intelligence Service/MacPixxel

Pemerintah Amerika Serikat (AS) perlu meningkatkan pengawasannya di Asia Tenggara untuk menunjukkan garis keras terhadap China. Hal ini disampaikan oleh seorang pejabat senior negara itu.

“Ideologi di sekitar Presiden China Xi Jinping berpikir AS sedang menuju penurunan,” ujar Kurt Campbell, koordinator wilayah Indo-Pasifik Pemerintah AS dilansir Asia One, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Survei: Separuh Lebih Pengguna Media Sosial di Asia Tenggara Khawatir Dengan Deepfake

Campbell mengatakan rumor tentang kemunduran AS tengah dibesar-besarkan. Ia menegaskan Washington terus memainkan peran utama dalam komunitas global, secara khusus di wilayah Indo-Pasifik.

AS telah menentang keras tindakan keras China di Hong Kong, dengan adanya pengesahan undang-undang keamanan nasional di kota administratif tersebut.

Ia menggarisbawahi bahwa diperlukan untuk memberi sinyal, saat China telah mengambil langkah-langkah yang sepenuhnya bertentangan dengan tatanan internasional.

“Ini sangat halus tapi berbahaya, meski seimbang, ini harus diperhatikan,” jelas Campbell.

Campbell meyakini kerja sama antara AS dan China akan terbatas dan semakin kompetitif, diselingi oleh beberapa bidang seperti perubahan iklim di mana kepentingan nasional mereka selaras.

Ia mengatakan pandemi Covid-19 tampak seperti keprihatinan bersama lainnya meskipun itu cukup mengecewakan.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini