Prancis, Jerman, dan China Dorong Kesepakatan Nuklir Iran Sebelum Waktu...

Prancis, Jerman, dan China Dorong Kesepakatan Nuklir Iran Sebelum Waktu... Kredit Foto: Ima Media Screencap

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Presiden China Xi Jinping sepakat masih ada 'jendela peluang' untuk meraih kesepakatan nuklir 2015. Tiga pemimpin tersebut menggelar pertemuan via video Senin (5/7/2021).

Seorang pejabat Pemerintah Prancis mengatakan, tiga kepala pemerintahan itu sepakat negosiasi kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) harus 'segera' dicapai dan risiko proliferasi nuklir harus dihindari. Pejabat tersebut meminta namanya tidak sebutkan karena peraturan kantor kepresidenan Prancis.

Baca Juga: Dengan Bantuan Satelit, Pakar Bongkar Kerusakan Besar Pabrik Sentrifugal Nuklir Iran

Tiga pemimpin pemerintahan tersebut juga setuju, kesepakatan harus 'dilakukan sekarang' untuk menghindari ancaman terhadap kawasan. Ia menambahkan pesan tersebut untuk mendorong negosiator menyelesaikan negosiasi yang mengalami kebuntuan selama berbulan-bulan.

Dalam negosiasi yang sudah digelar selama enam bulan di Wina, Austria, negara-negara yang masih tergabung dengan JCPOA yakni Rusia, China, Jerman, Prancis, Inggris dan Iran mencoba menyelesaikan isu mengenai bagaimana Amerika Serikat (AS) bergabung kembali ke kesepakatan tersebut. Kemudian bagaimana Iran kembali mematuhi persyaratan dalam perjanjian itu.

Pada 2018, AS di bawah Donald Trump menarik Washington dari perjanjian tersebut. Namun Presiden Joe Biden ingin AS kembali bergabung.

Negosiasi terakhir mengenai hal ini dilakukan pada 20 Juni lalu. Belum diketahui kapan pertemuan untuk kembali ke meja perundingan dimulai kembali.

JCPOA bertujuan mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir. Teheran selalu membantah ingin memproduksi senjata pemusnah massal tersebut.

Prancis dan Jerman mengatakan Macron, Merkel, dan Xi juga membahas hubungan Uni Eropa dengan Cina. Mereka mendiskusikan perdagangan internasional, perlindungan iklim dan keanekaragaman hayati dan kerja sama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: