Dirongrong Turun Tahta, Harta Kekayaan Wapres Ma'ruf Amin Bikin Deg-Deg Serr

Dirongrong Turun Tahta, Harta Kekayaan Wapres Ma'ruf Amin Bikin Deg-Deg Serr Kredit Foto: Instagram/kyai_marufamin

Harta kekayaan Wakil Presiden Indonesia Maruf Amin sangat mencengangkan. Kiai terkemuka yang akhirnya terjun ke dunia politik ini diketahui terakhir kali melaporkan harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 31 Desember 2019.

Saat itu, Kiai Maruf baru saja terpilih sebagai wapres mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melalui situs LHKPN yang dilansir dari GenPI.co, harta kekayaan Kiai Ma'ruf mencapai Rp15 miliar, tepatnya Rp15.123.937.570.

Baca Juga: 'Sekalinya Ngomong Paling Soal Halal Haram', Ma'ruf Amin Diminta Mundur

Separuh kekayaannya berasal dari aset properti dengan taksiran nilainya Rp8,12 miliar. Di Kota Depok misalnya, ada 9 bidang tanah dan bangunan yang berasal dari hasil sendiri, bukan hibah atau warisan.

Adapun di Jakarta Utara, Kiai Maruf juga punya tanah bangunan seluar 204 meter persegi yang juga menjadi kediamannya. Nilainya ditaksir mencapai Rp2 miliar.

Untuk kendaraan, Kiai Ma'ruf punya dua mobil, yakni Toyota Alphard tahun 2018 (Rp975 juta) dan Toyota Fortuner tahun 2017 (Rp420 juta).

Selanjutnya, aset kas dan setara kas yang dimiliki Kiai Ma'ruf mencapai Rp5,35 miliar. Sementara, harga bergerak lainnya senilai Rp256 juta.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini