Dengan Bantuan Satelit, Pakar Bongkar Kerusakan Besar Pabrik Sentrifugal Nuklir Iran

Dengan Bantuan Satelit, Pakar Bongkar Kerusakan Besar Pabrik Sentrifugal Nuklir Iran Kredit Foto: Unsplash/Sepehr Aleagha

Laporan Israel yang mengutip para ahli percaya bahwa serangan terhadap fasilitas yang memproduksi suku cadang sentrifugal untuk program nuklir Iran menyebabkan kerusakan luas. Itu juga menghancurkan atau menonaktifkan semua peralatan di bagian situs, lanjut laporan itu pada Minggu (4/7/2021).

Teheran telah menyatakan bahwa serangan pesawat tak berawak di pabrik Karaj digagalkan dan tidak ada kerusakan yang disebabkan, tetapi foto satelit yang diterbitkan oleh kelompok intelijen swasta Israel The Intel Lab, Sabtu (3/7/2021) tampaknya meragukan klaim tersebut. Foto itu menunjukkan lubang besar di atap satu bangunan sebelumnya. diidentifikasi sebagai pabrik bellow.

Baca Juga: Rouhani Terus Tekan Amerika Implementasikan Lagi Kesepakatan Nuklir

Foto-foto itu juga konon menunjukkan bukti kebakaran besar.

Menurut penyiar publik Kan, para ahli yang melihat foto-foto itu menyimpulkan bahwa "semua peralatan di daerah itu telah hancur total atau tidak dapat dioperasikan." Dikatakan para ahli telah membuat penilaian berdasarkan foto satelit, yang diambil 1 Juli.

Stasiun itu hanya menyebutkan satu ahli yang diandalkannya, David Albright, yang mengepalai Institut Sains dan Keamanan Internasional. Sebuah organisasi non-pemerintah yang telah berusaha untuk melacak dan mengekspos aspek-aspek terlarang dari program nuklir Iran.

Menurut laporan itu, Albright dan para ahli lainnya mengatakan bahwa Iran telah mulai berusaha untuk memperbaiki kerusakan dari serangan 23 Juni di Perusahaan Teknologi Centrifuge Iran, atau TESA, dekat kota Karaj, barat laut Teheran.

Sebuah tweet dari The Intel Lab pada Sabtu mengklaim bahwa atap sebagian besar telah dibongkar oleh Iran sebagai bagian dari kegiatan rehabilitasi setelah serangan itu. Atap yang dibongkar memungkinkan analis untuk mengintip ke dalam gedung, di mana warna gelap menunjukkan adanya api besar di dalam gedung, yang terkecil dari tiga struktur utama di lokasi.

Menurut laporan New York Times bulan lalu, pabrik TESA ditugaskan untuk mengganti sentrifugal yang rusak di lokasi nuklir Natanz, target sabotase sebelumnya, dan juga memproduksi sentrifugal yang lebih canggih yang dapat memperkaya uranium dengan lebih cepat.

Pada tahun 2011, anggota Dewan Perlawanan Nasional di kelompok oposisi Iran menerbitkan foto-foto situs Karaj yang mengklaim bahwa situs itu digunakan untuk produksi suku cadang sentrifugal secara rahasia.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini