Ada Ancaman Covid-19 Varian Delta, Pakai Masker Meski Sudah Vaksin!

Ada Ancaman Covid-19 Varian Delta, Pakai Masker Meski Sudah Vaksin! Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono

Virus Covid-19 telah menjelma dalam berbagai varian, di mana varian Delta saat ini menjadi momok yang paling menakutkan. Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Slamet Budiarto, bahkan menyebut ada laporan bahwa varian Delta sangat infeksius dan mampu menembus lapisan masker.

Dalam diskusi virtual yang disiarkan melalui YouTube Holopis Channel, dr. Slamet Budiarto mengatakan sejumlah pakar menyebut varian delta mampu menembus dua masker (masker ganda) sekalipun. Untuk itu, varian delta harus segera dikendalikan supaya tak muncul varian lainnya. Baca Juga: Jangan Kasih Kendor! Pakai Masker Ganda Demi Cegah Paparan Covid-19

"Ada beberapa pakar yang mengatakan satu masker tembus, dua masker tembus. Jadi artinya apa? Varian delta ini sangat infeksius," tegasnya dilansir pada Selasa, 29 Juni 2021. Baca Juga: Hendak Vaksinasi Covid-19, Perhatikan Hal Ini Dulu Yuk

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun kembali menegaskan bahwa penggunaan masker menjadi hal wajib untuk dilakukan meskipun sudah mendapat dua dosis vaksinasi Covid-19. Sebab, vaksinasi Covid-19 tak serta-merta menjamin tubuh aman dari paparan virus corona.

"Masyarakat harus terus menggunakan masker secara konsisten, berada di ruang berventilasi, (menjaga) kebersihan tangan, jaga jarak fisik, hindari keramaian. Ini masih menjadi sangat penting, bahkan jika Anda divaksinasi," tegas Asisten Direktur Jenderal WHO untuk akses obat-obatan dan produk kesehatan, Dr. Mariangela Simao, dilansir dari CNBC.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini