Ini Kata Turki Setelah Honduras Resmikan Kedutaannya di Yerusalem

Ini Kata Turki Setelah Honduras Resmikan Kedutaannya di Yerusalem Kredit Foto: Instagram/Recep Tayyip Erdogan

Turki mengecam Honduras karena memindahkan kedutaan besarnya di Tel Aviv ke Yerusalem.

“Langkah terbaru Honduras sangat disayangkan. Kami mengutuk keputusan ini," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Kedubes Honduras di Yerusalem Sudah Resmi Berdiri, Apa yang Diharapkan Israel?

"Dengan langkah ini, Honduras telah melanggar hukum internasional, termasuk resolusi PBB tentang status Yerusalem, juga merusak visinya tentang solusi dua negara dan prospek perdamaian di kawasan itu," kata kementerian. Turki juga mendesak Honduras untuk membatalkan langkah ini.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dan Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez meresmikan Kedutaan Besar Honduras di Yerusalem pada Kamis. Menurut Kantor Perdana Menteri Israel, Bennett menerima Hernandez di kediamannya di Yerusalem Barat.

Keduanya sempat mengadakan pertemuan tertutup yang dilanjutkan dengan rapat kerja yang dihadiri pejabat Honduras dan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid.

Kedua negara menandatangani nota kesepahaman mengenai proyek-proyek di bidang pertanian, pengelolaan sumber daya air, kesehatan dan pendidikan, serta berbagi inovasi ilmiah.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini