Bukan di Amerika, Programmer John McAfee Ditemukan Gantung Diri dalam Bui di Negara Ini

Bukan di Amerika, Programmer John McAfee Ditemukan Gantung Diri dalam Bui di Negara Ini Kredit Foto: (Foto/Okezone)

Penemu software anti virus John McAfee ditemukan tewas di sel penjara Brians 2, dekat Barcelona, Spanyol, Rabu (23/6/2021).

McAfee yang diduga bunuh diri, tewas tak lama setelah pengadilan menyetujui ekstradisinya ke Amerika Serikat, tempat ia diburu karena kasus penggelapan pajak.

Baca Juga: Perhatian, Data Milik PBB Ungkap Covid-19 Tingkatkan Faktor Penyebab Bunuh Diri

"Sepertinya, dia meninggal karena bunuh diri," kata Juru Bicara Sistem Penjara di wilayah Catalonia timur laut, yang diamini Juru Bicara Badan Hukum Cabang Catalan yang mengawasi Pengadilan Spanyol, Dewan Umum Kehakiman (CGPJ) seperti dilansir AFP, Kamis (24/6/3032).

Mengutip pernyataan sang pengacara, Reuters menyebut McAfee meninggal dengan cara gantung diri.

McAfee resmi mendekam di penjara Spanyol, sejak ia tertangkap di Bandara Barcelona pada Oktober 2020. Kala itu, ia hendak terbang ke Istanbul. Dia diduga sengaja tak mengajukan pengembalian pajak pada tahun 2014-2018, meski meraup pundi-pundi jutaan dolar AS dari jasa konsultasi, cryptocurrencies, dan menjual hak atas kisah hidupnya.

5298.jpg?width=445&quality=45&auto=format&fit=max&dpr=2&s=054e33555a0f16d55a1ff72da07f02ec

Kalau tuduhan itu terbukti benar, McAfee bakal dibui selama 30 tahun.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Kehakiman Regional Catalonia menyatakan, penyelidikan telah dibuka setelah seorang narapidana berusia 75 tahun yang tidak disebutkan namanya - yang menghadapi ekstradisi ke AS - ditemukan tewas di dalam penjara.

"Petugas medis telah mencoba mengupayakan resusitasi, namun gagal," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Pada Rabu (23/6/2021), Pengadilan Nasional Spanyol telah menyetujui ekstradisi McAfee ke AS. Keputusan itu sejatinya masih membuka pintu banding. Sementara upaya ekstradisi, membutuhkan persetujuan dari Kabinet Spanyol.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: