Pabrik Bahan Baku Baterai Listrik Resmi Beroperasi

Pabrik Bahan Baku Baterai Listrik Resmi Beroperasi Kredit Foto: Instagram/Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan operasi produksi fasilitas HPAL (High Pressure Acid Leaching) di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada Rabu (23/6/2021).

Pengolahan bijih nikel HPAL berbasis teknologi hidrometalurgi itu diharapkan akan dapat mendorong percepatan hilirisasi mineral menuju industrialisasi berbasis baterai dan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga: Jaga Produksi Migas, Ini Strategi PLN Amankan Pasokan Listrik Blok Rokan

"Indonesia memiliki sumber daya dan cadangan nikel serta cobalt yang cukup, didukung oleh mineral lain seperti tembaga, alumunium, dan timah yang akan menjadi modal besar untuk bermain dalam industri kendaraan listrik," kata Luhut.

Pengembangan industri kendaraan listrik jadi target nasional seiring dengan prediksi pada 2030: masyarakat secara global mempunyai kesadaran untuk mengurangi emisi dan akan mendorong kenaikan permintaan kendaraan listrik yang nilainya dapat mencapai 31,1 juta unit.

Di Indonesia, pemerintah menargetkan dapat memproduksi 600 ribu unit kendaraan listrik roda empat dan 2,45 juta roda dua. Dalam hal ini, peningkatan permintaan kendaraan listrik dapat meningkatkan permintaan baterai, terutama jenis NCM (nickel-cobalt-mangan).

Luhut menjelaskan, ada dua teknologi pengolahan untuk bijih nikel, yaitu melalui jalur RKEF (pirometalurgi) maupun HPAL (hidrometalurgi) seperti yang ada di Pulau Obi ini.

Smelter HPAL ini akan banyak memanfaatkan bijih nikel dengan kadar yang lebih rendah (limonit), yang jumlahnya sangat melimpah di Indonesia. Menurut dia, hal itu merupakan bagian dari optimasi atau peningkatan nilai tambah dari sumber daya mineral yang dimiliki oleh Indonesia.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini