Pakar Sebut Vaksin Covid-19 di Indonesia Efektif Hadapi Varian Alfa dan Delta

Pakar Sebut Vaksin Covid-19 di Indonesia Efektif Hadapi Varian Alfa dan Delta Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Kehadiran varian baru Covid-19, alfa dan delta, menimbulkan pertanyaan berbagai pihak mengenai efektivitas vaksin terhadap varian tersebut. Guru Besar Universitas Udayana I Gusti Ngurah Kade Mahardika menyatakan vaksin Covid-19 yang beredar saat ini efektif terhadap varian alfa dan delta.

"Sampai saat ini, varian of concern yang dominan yaitu Alfa dan Delta, masih menunjukkan bahwa vaksin itu efektif," ujar Mahardika dalam dialog virtual, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Pesan dari Penyintas COVID-19 tentang Prokes dan Vaksinasi

Dia menjelaskan, vaksinasi merupakan pendekatan yang paling penting dilakukan untuk menghadapi mutasi varian Covid-19.

"Jadi, pemerintah sekarang mengakselerasi program vaksinasi, saya sangat dukung dan mengharapkan itu terjadi," tuturnya.

Lebih lanjut, Mahardika menegaskan vaksin yang beredar tetap terus dievaluasi. Jika ada perubahan dramatis atau hal-hal lain yang menunjukkan vaksin harus segera ditarik dan diganti, upaya tersebut akan dilakukan dengan segera.

"Jadi sekali lagi, jaminan utama itu vaksin ini aman dan efektif," tukasnya.

Oleh sebab itu, Guru Besar Universitas Udayana itu meminta masyarakat untuk tidak menolak vaksin dan segera melakukan vaksinasi.

"Jadi, saya berharap sekali tidak ada yang menolak, tidak ada lagi kelompok antivaksin. Kalau memang ada panggilan untuk vaksinasi ini, semua vaksin sudah terbukti aman dan efektif," ungkapnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini