Apa Itu Media Planning

Apa Itu Media Planning Kredit Foto: Unsplash/Jakob

Media planning adalah proses dalam mengidentifikasi dan memilih outlet media seperti surat kabar, majalah, situs web, stasiun TV dan radio, serta penempatan iklan outdoor. Media planner adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi banyak pilihan media dan menyusun strategi kampanye untuk mendukung produk, layanan, atau brand tertentu. Media planner biasanya dipekerjakan oleh biro iklan.

Tujuan dari media planning adalah untuk mengembangkan rencana yang terkoordinasi untuk setiap iklan dari klien tertentu. Dengan media planning, Anda bisa memutuskan di mana, kapan, dan seberapa sering menampilkan iklan tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Mix?

Semakin banyak iklan yang optimal, ini artinya dapat memperluas kampanye pemasaran untuk menjangkau jumlah orang terbanyak, sehingga semakin besar peluangnya untuk melihat hasil terbaik. Seluruh tujuan periklanan adalah untuk membuat pelanggan potensial mengetahui produk atau layanan perusahaan dan membujuk mereka untuk membelinya.

Media planning adalah salah satu dari empat divisi utama yang tergabung dalam agensi pemasaran. Bahkan beberapa agensi hanya berfokus dalam hal media planning saja.

Tentukan Audiens Terbaik Anda

Ada banyak pengguna yang dapat dijangkau, tetapi kuncinya adalah mengetahui mana yang terbaik untuk kampanye pemasaran Anda. Memahami siapa yang harus dijangkau dengan media planning Anda harus dimulai dengan menentukan siapa target audiens Anda.

Sebelum Anda dapat memutuskan detail strategi media Anda, Anda harus memahami siapa konsumen ideal Anda dan cara terbaik untuk menjangkau mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun target audiens  untuk kampanye pemasaran Anda:

  • Jenis kampanye – Business to Business (B2B) atau Business to Consumer (B2C).
  • Demografi - usia, jenis kelamin, etnis, pendapatan, pekerjaan, dan lainnya.
  • Minat – niat untuk membeli sesuatu.
  • Kebiasaan Media – platform media pilihan untuk terlibat (desktop, seluler, asli, dan lainnya).

Setelah Anda menentukan konsumen ideal Anda, maka Anda dapat membangun audiens  dengan orang-orang yang berada di ceruk pasar produk atau layanan Anda, dan kemungkinan besar audiens ini akan menanggapi iklan Anda.

Biasanya, tim Anda akan menarik segmen audiens berdasarkan beberapa faktor seperti niat membeli yang selaras, demografis, minat, dan lainnya. Kriteria tertentu dapat ditetapkan di seluruh saluran media untuk membuka kampanye dengan jangkauan yang lebih luas atau mempersempit pilihan secara lebih spesifik ke persyaratan kampanye yang sesuai – seperti tempat tinggal dalam radius dari lokasi retail, kelompok usia, atau pendapatan tahunan.

Sejumlah orang terpilih yang sesuai dengan kriteria akan dikelompokkan untuk menjadi target audiens yang ideal.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: