Ganjar Diklaim Kuasai 63% Suara, Makin Dekat ke Istana Nih

Ganjar Diklaim Kuasai 63% Suara, Makin Dekat ke Istana Nih Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Para pendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, jadi Capres 2024 mendeklarasikan diri sebagai Sahabat Ganjar, Minggu (20/6). Bukan hanya deklarasi, mereka juga sudah melakukan survei elektabilitas kandidat capres. Hasilnya, Ganjar bertengger di urutan pertama, jauh meninggalkan kandidat lain.

Survei dilakukan di beberapa kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Bali. Jumlah respondennya, 2.000 orang yang berusia 18-40 tahun. Survei mengambil tema “Presiden Masa Depan”. Hasilnya, Ganjar memperoleh 63 persen. Posisi kedua ditempati Ridwan Kamil, dengan 24 persen. Sedangkan posisi tiga Sandiaga Uno dengan 13 persen.

Baca Juga: Nah Loh! Prabowo-Puan Maju, Nama Ganjar Muncul Sebagai Lawan Hebat

“Hasil survei Sahabat Ganjar dilakukan dalam rentang waktu selama dua minggu di akhir Mei 2021. Penelitian dilakukan dengan cara hybrid, menggabungkan cara offline dan online,” ujar Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani, dalam acara Deklarasi Sahabat Ganjar, di Yogyakarta, Minggu (20/6).

Lenny menambahkan, gaya Ganjar berkomunikasi dan menggerakkan ekonomi rakyat di media sosial (medsos) juga disambut positif warga. Setidaknya ada 100 jenis produk UMKM yang dipromosikan Ganjar dengan hastag #LapakGanjar di Instagram story @ganjar_pranowo, dengan 3.520.662 followers. Mulai aneka makanan seperti ayam goreng, sambal, sate, mete, kue, kopi, madu, hingga produk kerajinan semisal batik, lukisan dan lainnya. Bahkan, aneka jasa seperti jasa pembuatan gift pernikahan hingga jasa pembuatan perabotan rumah tangga juga ditawarkan.

Setiap pekannya, tema Lapak Ganjar selalu berubah. Untuk #Edisi48 (pekan ini), dalam memperingati Bulan Bung Karno, mengangkat Kerajinan dan Merchandise bertema Bung Karno, Pancasila, dan Indonesia.

“Mengenai hal ini, kami memang belum memiliki data lengkap berapa jumlah UMKM yang telah merasakan dampak dari Lapak Ganjar, yang tidak hanya Jawa Tengah, tapi Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, dan Bali, ikut kebanjiran order setelah ikut #LapakGanjar. Artinya, program ini memberikan manfaat positif bagi UMKM di berbagai daerah,” paparnya.

Baca Juga: Uhuk! Nasib Ganjar Prabowo Bisa Sama dengan Jokowi, Asalkan...

Lenny menegaskan, Ganjar aktif di media sosial dan kerap menggunakan akun Instagram-nya tidak hanya saat mengunjungi warga, mencicipi kuliner, dan membantu warganya mempromosikan produk UMKM. Tetapi juga membagikan berbagai kegiatannya. Medsos milik Ganjar menawarkan ruang tak terbatas untuk berinteraksi dengan masyarakat.

“Dari semua ini, yang terpenting adalah Ganjar Pranowo mencintai bangsa ini dengan karya nyata, bukan hanya dengan kata-kata. Bersama, kami mendukung Ganjar Pranowo melalui Sahabat Ganjar untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan dari Jokowi untuk Indonesia Raya,” tutup Lenny.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini