Uhuk! Nasib Ganjar Prabowo Bisa Sama dengan Jokowi, Asalkan...

Uhuk! Nasib Ganjar Prabowo Bisa Sama dengan Jokowi, Asalkan... Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi mengatakan nasib Ganjar Pranowo sama seperti Joko Widodo ketika pertama kali maju sebagai calon presiden pada 2014.

Hal itu disampaikan Asrinaldi menganggapi hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) yang menunjukkan Ganjar Pranowo berada di peringkat teratas sebagai calon presiden pemilih milenial dan Gen Z. Namun, menurut dia yang membedakan ialah waktu saat meningkatnya elektabilitas kedua orang tersebut.

"Ini bedanya timing Jokowi saat beberapa bulan menjelang penetapan atau pemilu, kalau Ganjar masih terlalu jauh," kata Asrinaldi saat dihubungi JPNN.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Capres Lain Kalah! Faktanya, Jokowi dan Ganjar Pranowo Itu Ibarat Pinang Dibelah Dua!

Pria yang juga merupakan dosen Ilmu Politik itu menyebutkan hasil survei tersebut bisa berubah dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, tergantung pada langkah yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah itu. Asrinaldi menyebutkan jika Ganjar bisa tetap bersikap tenang ketika diserang isu negatif, tidak menutup kemungkinan elektabilitasnya akan terus melejit.

Dia menjelaskan Ganjar Pranowo bisa mendapat restu dari Megawati sama seperti Jokowi pada 2014 lalu.

"Ini dukungan arus bawah, apalagi kalau bisa mengaitkan dengan massa partai yang banyak, tentu elite PDIP terutama Megawati akan sadar," lanjutnya. 

Pria yang akrab disapa dengan Al itu menjelaskan hal yang harus dilakukan Ganjar ialah tetap menunjukkan sikap sebagai kader yang patuh dan tetap sowan agar bisa menarik lebih banyak simpati pemilih PDIP.

"Kalau survei tetap seperti ini dan massa arus bawah itu menginginkan Ganjar, saya pikir mau atau tidak akan ada alternatif nanti dari PDIP," tutur Asrinaldi.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini