Sangat Mengejutkan, Risma Bisa Jabat Gubernur Menggantikan Posisi Anies di Jakarta

Sangat Mengejutkan, Risma Bisa Jabat Gubernur Menggantikan Posisi Anies di Jakarta Kredit Foto: Kemensos

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera berakhir. Banyak pihak sudah mulai melihat sosok-sosok yang pantas untuk menggantikan Anies sebagai pelaksana tugas di DKI Jakarta.

Menurut pengamat poltiik Dedi Kurnia Syah, sosok pelaksana tugas bukan soal cocok secara ketokohan.

Baca Juga: Eks Politikus Demokrat Bongkar Siasat JK untuk Anies Baswedan di Pilpres, Tapi Tetap Susah Menang

"Karena sosok penganti Anies ini dipilih langsung dari pemerintah pusat. Yang dapat diharapkan adalah pejabat publik yang netral," ujarnya kepada GenPI.co, Sabtu (19/6/2021).

Kenetralan itu, menurut Dedi, perlu dibuktikan dengan tidak tergiur mengikuti kontestasi politik atau mendukung salah satu kandidat yang akan bertarung.

"Sehingga kebijakan pemerintah di masa transisi dapat berjalan secara profesional," tuturnya.

Sementara itu, pengamat politik Zaki Mubarak menilai, Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) merupakan salah satu kandidat pengganti Anies yang bakal ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI.

Namun, kata Zaki, segala kemungkinan masih bisa terjadi, seperti munculnya nama-nama baru.

"Yang penting harus memenuhi syarat, terutama dukungan dari parpol, berintegritas dan benar-benar bisa bekerja," jelasnya.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini