3.000 ATM di China Bisa Cairkan Yuan Digital ke Uang Tunai

3.000 ATM di China Bisa Cairkan Yuan Digital ke Uang Tunai Kredit Foto: Foto: AFP.

China terus melaju dengan adopsi mata uang digital bank sentral (CBDC) ketika bank-bank besar meluncurkan sejumlah besar ATM bertenaga yuan digital.

Yuan digital - CBDC yang dikendalikan oleh The People's Bank of China (PBoC) - sekarang tersedia untuk penyetoran dan penarikan di lebih dari 3.000 ATM di seluruh Beijing, kantor berita pemerintah Xinhua melaporkan Jumat.

Baca Juga: China Tes Yuan Digital Untuk Pembayaran Gaji

Dilansir dari laporan Cointelegraph (19/6/2021), cabang Bank Industri dan Komersial China di Beijing telah menjadi bank pertama yang sepenuhnya mengaktifkan pertukaran yuan digital di ibu kota China dengan mendirikan lebih dari 3.000 ATM yang kompatibel dengan mata uang digital.

Bank Pertanian China (ABC), bank besar lain yang terlibat dalam tes CBDC China, juga telah mengerahkan lebih dari 10 ATM di daerah Wangfujing, jalan perbelanjaan utama di Beijing.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, bank milik negara memulai debut ATM digital yuan Januari ini, memungkinkan pelanggan di cabang-cabang tertentu di wilayah Shenzhen untuk menyetor dan menarik mata uang digital.

ABC telah secara aktif terlibat dalam mengembangkan dompet untuk mata uang digital.

Pemerintah China telah secara aktif mempromosikan yuan digital di ibukota melalui lotere mata uang digital sebagai bagian dari percontohan yuan digital yang sedang berlangsung.

Negara bermaksud untuk mendistribusikan 40 juta yuan digital ($ 6,2 juta) kepada penduduk Beijing dalam kampanye "amplop merah" yang memungkinkan para peserta untuk menghabiskan hadiah mata uang digital pada 20 Juni.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini