Dulu Dipuji Sukses Tangani Pandemi, Kini Negara-negara Ini Justru Kewalahan Hebat

Dulu Dipuji Sukses Tangani Pandemi, Kini Negara-negara Ini Justru Kewalahan Hebat Kredit Foto: Pixabay/Cromaconceptovisual

Australia, Selandia Baru, Singapura, Vietnam, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan. Ini adalah negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang selama ini dipuji akan penanganan pandemi mereka, dengan beberapa di antaranya berada di peringkat terbaik dunia.

Seluruh wilayah itu mampu mengatasi Covid-19 pada tahun 2020 melalui tindakan agresif seperti penguncian ketat dan pelacakan kontak, yang kemudian sering direplikasi negara-negara lain di seluruh dunia.

Baca Juga: Australia Ubah Syarat Penerima Vaksin AstraZeneca Menjadi 60 Tahun ke Atas

Namun di tahun kedua pandemi, mereka ditantang oleh isu-isu baru. Varian yang lebih kuat telah menembus pertahanan yang mapan, menciptakan wabah terburuk di beberapa negara.

Sementara itu, banyak bagian dunia lain yang tampaknya maju pesat dengan program vaksinasi mereka dan mulai membuka diri lagi secara bertahap.

Itu berarti bahwa banyak dari negara-negara yang sebelumnya berhasil menghalau Covid ini sekarang menghadapi kritik bahwa mereka tidak memiliki rencana yang solid untuk keluar dari pendekatan tanpa kasus mereka - dan bahwa mereka tidak dapat bersembunyi dari dunia selamanya.

Keberhasilan Awal

Pertama, mari kita lihat bagaimana negara-negara ini berhasil memerangi Covid pada awal pandemi. Peta di bawah ini menunjukkan jumlah kasus dan kematian yang jauh lebih rendah ketimbang kebanyakan negara lain.

Menutup perbatasan adalah salah satu dari langkah pertama yang paling efektif, yang diambil oleh delapan wilayah tersebut di atas ketika virus pertama kali mencapai perbatasan mereka.

Fakta bahwa banyak di antara wilayah tersebut adalah kepulauan membuat kontrol perbatasan relatif mudah.

Kebijakan perbatasan yang ketat berarti melarang hampir seluruh orang yang memasuki wilayah itu, atau mewajibkan karantina mandiri dalam jangka waktu lama guna memastikan virus tak akan menyebar ke populasi di wilayah itu.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini