Jutaan Dosis Vaksin Covid-19 Amerika Melipir ke Negeri Tetangga Kanada

Jutaan Dosis Vaksin Covid-19 Amerika Melipir ke Negeri Tetangga Kanada Kredit Foto: AP Photo

Amerika Serikat (AS) mengirim satu juta dosis vaksin Covid-19 ke Kanada pada Kamis (17/6/2021). Washington diketahui memiliki kelebihan stok vaksin yang hendak disumbangkan ke berbagai negara, terutama negara miskin dan berkembang.

“Hari ini, sebagai bagian dari komitmen AS untuk membantu mengatasi virus, kami mengirimkan satu juta dosis vaksin kepada teman, sekutu, dan tetangga kami,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Twitter.

Baca Juga: Indonesia Terima Tambahan 1 Juta Dosis Vaksin Sinopharm | Infografis

Awal bulan ini, Blinken mengatakan AS akan mengirimkan jutaan dosis vaksin Covid-19 ke seluruh dunia, termasuk Amerika Latin. Hal itu menjadi kontribusi Washington untuk menangani dan mengendalikan pandemi.

"Dalam satu atau dua minggu ke depan, kami akan mengumumkan proses pendistribusian vaksin tersebut," kata Blinken dalam jumpa pers di San Jose, Kosta Rika, pada 1 Juni lalu.

Presiden AS Joe Biden telah berjanji menyumbangkan 80 juta dosis ke negara lain pada akhir Juni. Namun belum ada keterangan terperinci lebih lanjut mengenai hal tersebut. Di sisi lain, China telah mengirimkan lebih dari 165 juta dosis vaksin Covid-19 ke Amerika Latin dan Karibia. Beberapa negara Amerika Latin seperti El Savador, Brasil, Chile, dan Uruguay, bergantung pada vaksin buatan China.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini