Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, Danone Indonesia Vaksinasi 5.000 Karyawan

Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, Danone Indonesia Vaksinasi 5.000 Karyawan Kredit Foto: Antara/Teguh Prihatna

Danone Indonesia, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor industri esensial di bidang pangan dan minuman, ikut berpartisipasi dalam Vaksinasi Gotong Royong demi mewujudkan Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit. Hari ini (17/6), bertempat di Sentul International Convention Center, Danone Indonesia menandai dilaksanakannya Vaksinasi Gotong Royong tahap pertama yang diberikan kepada 5.000 karyawan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 8-24 Juni 2021 di 17 titik vaksinasi.

Presiden Direktur Danone Indonesia, Connie Ang, menyebut jika Vaksinasi Gotong Royong ini sangat penting karena Danone Indonesia memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan. Hanya dalam kondisi sehat, jelas Connie, Danone Indonesia dapat menjamin keberlanjutan bisnis dalam memenuhi gizi dan hidrasi di Indonesia dan berperan aktif mewujudkan masyarakat dan bumi yang sehat secara berkelanjutan sesuai dengan visinya, yaitu One Planet One Health.

Baca Juga: Ribuan Karyawan MPMRent Terima Vaksinasi Covid-19

"Tahun ini, fokus utama kami adalah mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi di Indonesia agar dapat mencapai target 1 juta vaksinasi per hari. Program Vaksinasi Gotong Royong merupakan bentuk apresiasi Danone Indonesia kepada karyawan yang selama pandemi turut berperan dalam penyediaan makanan dan minuman yang sehat ke masyarakat, serta bentuk komitmen kami terhadap karyawan Danone Indonesia dan keluarganya," kata Connie dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Vaksinasi Gotong Royong Danone Indonesia dilakukan secara bertahap dengan mengutamakan pekerja yang beraktivitas dan berperan krusial dalam menjaga keberlangsungan produksi serta pasokan produk. Perusahaan mengalokasikan lebih dari 40.000 dosis vaksin untuk lebih dari 20.000 sasaran vaksin yang terdiri dari karyawan, keluarga karyawan, dan mitra usaha Danone di seluruh Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dilaksanakan sejak 8 Juni 2021 dan diharapkan seluruh sasaran mendapatkan suntikan vaksin lebih cepat dari enam bulan ke depan melalui dukungan dari Kadin, Biofarma, dan Kimia Farma.

Dijelaskan Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 yang ditetapkan tanggal 24 Februari 2021, pemerintah secara resmi mengizinkan pelaksanaan Vaksin Gotong Royong sebagai upaya mempercepat perluasan cakupan vaksinasi Covid-19 yang menjadi salah satu fokus pemerintah. Tercatat, 90.000 perusahaan telah melakukan Vaksinasi Gotong Royong dalam waktu yang singkat.

"Kami mengapresiasi pihak swasta atau perusahaan, dalam hal ini Danone Indonesia yang melaksanakan program vaksinasi gotong royong secara gratis untuk karyawan, keluarga karyawan, bahkan mitra usaha. Saat ini, kita mencapai angka 623 ribu dosis dan diharapkan akhir bulan ini dapat mencapai angka 1 juta dosis per hari. Kami menargetkan akhir tahun 2021 ini 181 juta masyakarakat mendapatkan vaksin sehingga kita mencapai herd immunity," jelas Maxi.

Di kesempatan yang sama, Rosan Perkasa Roeslani, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, mengatakan bahwa Vaksinasi Gotong Royong merupakan bagian dari komitmen dunia usaha untuk mempercepat program pemerintah dengan memperbanyak jumlah orang yang divaksin. Di mata swasta, kebangkitan ekonomi nasional sangat bergantung pada kesuksesan dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Hari ini vaksin yang kedua untuk mendukung Vaksin Gotong Royong sudah datang. Kami akan memberikan notifikasi kepada perusahaan-perusahaan yang akan menerima jatah vaksin yang baru tiba. Danone Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang akan menerima vaksin ini," jelas Rosan melanjutkan.

Selama pandemi Covid-19, Danone di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah, berbagai lembaga, rumah sakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai Rp56 miliar berupa penyediaan alat pelindung diri, peralatan medis, dan pemberdayaan bagi UMKM terdampak. Selain itu, telah disalurkan juga lebih dari 200.000 paket makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan lebih dari 1 juta botol AQUA dan Mizone untuk mendukung hidrasi para tenaga medis hingga kelompok rentan.

Selain vaksinasi Gotong Royong, Danone Indonesia juga telah mendukung program vaksinasi pemerintah yang menyasar para lansia, pekerja pelayanan publik, pekerja media, pekerja industri pariwisata, pekerja transportasi, dan mitra ritel di 13 kota di Indonesia dan akan terus berkontribusi memberikan dukungan kepada pemerintah dalam upaya percepatan cakupan vaksinasi.

"Danone Indonesia berupaya untuk terus menjaga kualitas produk, memberikan bantuan, serta bekerja sama dengan berbagai pihak agar dapat berkontribusi dan memberdayakan masyarakat untuk saling jaga serta mengatasi dampak Covid-19 di Indonesia. Melalui produk, kerja sama, hingga program berkelanjutan, karyawan Danone di seluruh Indonesia akan terus berupaya membawa dampak yang berkelanjutan bagi lingkungan dan kesehatan melalui kegiatan bisnis kami," tutup Connie.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini