Maaf Nih! Bukan Prabowo Apalagi Mbak Puan, Dengarin Baik-Baik, Milenial Lebih Jagokan Mas Ganjar

Maaf Nih! Bukan Prabowo Apalagi Mbak Puan, Dengarin Baik-Baik, Milenial Lebih Jagokan Mas Ganjar Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kerap merajai posisi sebagai calon presiden (capres) yang diunggulkan, namun temuan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan pemilih milenial dan gen Z dikuasai oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Adapun, posisi ketiga diduduki oleh Prabowo Subianto.

"Capres yang paling diunggulkan oleh pemilih milenial dan gen Z bukan figur Prabowo yang biasanya paling difavoritkan secara umum, tetapi lebih condong pada Ganjar dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: PDIP Tak Tergoda Elektabilitas Tinggi, Makin Keras: 'Ngotot Nyapres, Ganjar Silakan Pergi!'

Elektabilitas Ganjar bertengger di angka 17,7 persen, ditempel oleh RK sebesar 16,0 persen. Menyusul adalah Prabowo (12,8 persen), Anies Baswedan (7,6 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (7,3 persen).

Ganjar dan RK menikmati dukungan elektabilitas terbesar di antara pemilih milenial dan gen Z dibanding tokoh-tokoh yang lain, termasuk Prabowo. Menurut Okta, tingginya elektabilitas Prabowo selama ini lebih banyak disumbang oleh pemilih generasi yang lebih tua.

Sementara itu, lanjut dia, perubahan demografi telah terjadi sejak Prabowo pertama kali berlaga pada Pemilu 2009 ketika berpasangan dengan Megawati. Berikutnya, Prabowo dua kali menjajal sebagai capres pada tahun 2014 dan 2019, tetapi kalah.

"Makin besarnya pemilih muda pada Pemilu 2024 mendatang patut menjadi pertimbangan partai-partai politik dalam mengusung figur sebagai capres-cawapres," tuturnya.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini