Relawan Muslim Selamatkan Yahudi yang Kena Serangan Jantung

Relawan Muslim Selamatkan Yahudi yang Kena Serangan Jantung Kredit Foto: (Foto: Shutterstock)

Relawan EMT United Hatzalah, Muhammad Aliyan tengah bersiap melaksanakan Sholat Jumat. Tetiba ponselnya berbunyi, memberikan peringatan ada pasien yang membutuhkan pertolongan darurat.

Dari aplikasi ponselnya, Muhammad menerima peringatan adanya pasien berusia 60 tahun mengalami serangan jantung. Keluarga pria pasien pun menghubungi layanan darurat.

Baca Juga: Menyelami Lahir dan Besarnya Israel Defense Force, Militer Paling Dibanggakan Orang Yahudi

Muhammad dengan sigap mempersiapkan alat yang dibutuhkan. Ia melihat alamat pasien tak jauh dari rumahnya. Muhammad segera menaiki mobil dan menuju lokasi. 

Beberapa menit kemudian, rekan kerja Muhammad, Yechiel Mayburg sudah berada di lokasi membawa peralatan khusus CPR. Keduanya lantas menangani pasien tersebut.

Beberapa menit kemudian, sebuah ambulan tiba. Petugas medis segera melakukan penanganan. Dengan penanganan yang sigap pasien kembali sadar.  "Kesuksesan resusitasi adalah kerjasama mereka yang terlibat,"kata Muhammad seperti dilansir Arutz Sheva, Senin  (14/6).

"Kami bekerja sebagai tim dan akan membuat perbedaan besar untuk penanganan pasien,"kata dia.

Muhammad bekerja sebagai asisten fisioterapi di Rumah Sakit Shaare Zedek di Yerusalem. Baginya, cerita penanganan tak berhenti ketika pasien tiba di rumah sakit. Muhammad yang tinggal tak jauh dari rumah pasien tersebut mengunjungi anak pasien itu.

"Anak pasien itu berterima kasih kepada saya karena pertolongan yang dilakukan. Saya senang, saya dapat membantu dan membuat perbedaan untuk pasien dan keluarganya,"kata dia.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini