Presiden Jokowi Bisa Bantu Ganjar Jadi Presiden, Caranya Begini...

Presiden Jokowi Bisa Bantu Ganjar Jadi Presiden, Caranya Begini... Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tidak langsung membantu menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Pasalnya, masyarakat yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi cenderung memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

Baca Juga: JK Pernah Tak Sejalan dengan Jokowi, Semua Ternyata Gegara Ahok

Hal itu diketahuinya berdasarkan survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

"Mereka yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi itu cenderung memilih Pak Ganjar Pranowo walaupun mereka ini bukan massa pemilih PDIP," ujar Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad, Minggu (13/6).

Saidiman menjelaskan, masyarakat yang merasa puas terhadap kinerja Jokowi cenderung memilih Ganjar dengan 43,9 persen, 23,3 persen memilih Prabowo, dan 22,3 persen memberikan dukungan kepada Anies.

Sementara itu, masyarakat yang merasa kurang puas terhadap Jokowi cenderung memberikan dukungan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto atau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Di kalangan yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, 48,5 persen memilih Prabowo, 33,7 persen memilih Anies, dan sekitar 15 persen memilih Ganjar.

"Bila Ganjar maju menjadi capres 2024, salah satu lumbung suara terbesarnya adalah para pendukung Presiden Jokowi," ujar Saidiman.

Survei nasional SMRC tersebut dilakukan pada 21 hingga 28 Mei 2021 dengan melibatkan 1072 responden.

Metode yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error survei ini diperkirakan sekitar 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini