Kisah Orang Terkaya: Herbert Kohler Jr, Juragan Furnitur Berharta Rp139 Triliun

Kisah Orang Terkaya: Herbert Kohler Jr, Juragan Furnitur Berharta Rp139 Triliun Kredit Foto: A. Messerschmidt/Getty Images

Seorang pengusaha Amerika, Herbert Kohler Jr adalah salah satu orang terkaya dunia. Setelah lulus kuliah dari Universitas Yale pada tahun 1965, Kohler bekerja untuk perusahaan keluarganya, Kohler Company yang telah lama menjadi produsen bak mandi, toilet, perlengkapan pipa lainnya, dan mesin kecil. 

Kakek Herb Kohler mendirikan perusahaan pada tahun 1873 untuk memproduksi tiang pancang dan peralatan pertanian.

Ia bekerja sebagai buruh atau teknisi di setiap divisi perusahaan. Pada bulan Juni 1972, Herb Kohler terpilih sebagai ketua dewan dan chief executive officer pada usia 33 tahun. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan tersebut melipatgandakan ukuran bisnis mesin dan generatornya dan meluncurkan grup interior yang sekarang mencakup lima lini furnitur.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Carl Cook, Pewaris Perusahaan Medis yang Kantongi Rp134 Triliun

Kohler lahir pada 20 Februari 1939 dari pasangan Ruth Miriam DeYoung Kohler dan Herbert Vollrath Kohler Sr. yang menjalankan Perusahaan Kohler dari tahun 1937 hingga kematiannya pada 1968.

Pada 2015, Herb Kohler mengundurkan diri sebagai CEO setelah menjalankan perusahaan selama 43 tahun tetapi tetap menjadi chairman. Kini, posisi CEO diambil alih oleh putranya David.

Perusahaan tercatat berhasil menarik pendapatan USD7 miliar (Rp99,4 triliun) dari penjualan furnitur, ubin, mesin dan generator serta toilet dan keran yang paling terkenal. Perusahaan Kohler juga memiliki dua resor golf di Kohler, Wisc., ditambah Old Course Hotel di St. Andrews, Skotlandia.

Perusahaannya telah menjadi salah satu perusahaan perlengkapan kamar mandi dan dapur paling sukses di dunia. Selain produk kamar mandi dan dapur, perusahaan juga memproduksi ubin, mesin, genset, dan furnitur. Hari ini, Forbes mencatat estimasi harta kekayaan Herb Kohler mencapai USD9,8 miliar (Rp139 triliun).

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: