Spanduk Anak Megawati Mulai Banyak Ditebar, Mas Ganjar Minggir Dulu, Mbak Puan Mau Lewat...

Spanduk Anak Megawati Mulai Banyak Ditebar, Mas Ganjar Minggir Dulu, Mbak Puan Mau Lewat... Kredit Foto: Istimewa

Kontestasi politik menghadapi Pilpres 2024 di internal Banteng makin memanas. Setelah di berbagai daerah muncul relawan capres 2024 untuk Ganjar Pranowo, kini Puan Maharani mulai unjuk gigi. Baliho-baliho besar bergambar putri Megawati Soekarnoputri sudah bertebaran di mana-mana. Kemunculan itu membuat warga dunia maya heboh, seolah pesan dari Mbak Puan agar Mas Ganjar minggir dulu.

Baliho bergambar wajah Puan itu banyak dijumpai di sudut-sudut kota di Jawa Timur. Di Surabaya misalnya, baliho bergambar Puan terpasang di beberapa titik strategis, seperti kawasan Jalan Pasar Kembang, Dukuh Kupang, Gunung Sari, Jemur Handayani, Karah Agung, Menur Pumpungan, dan Kendang Sari.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Papan reklame raksasa itu menampilkan dua foto Puan. Di foto pertama, Puan tampil mengenakan baju merah dengan tangan kanan sedang mengepal. Di bawahnya dipasang lagi foto Puan yang lebih kecil. Di foto ini, Puan yang mengenakan baju hitam tampak berdiri di belakang podium, seperti sedang berpidato.

Di baliho ini ditulis "Mbak Puan", dengan huruf besar-besar. Terdapat pula kutipan pesan Bung Karno yang berbunyi, "Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam".

Pemasangan baliho tersebut dianggap sebagai pemanasan politik PDIP untuk lebih mempopulerkan Puan Maharani. Mengingat, popularitas dan elektabilitas dari Ketua DPR ini masih tertinggal jauh dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Saya menganggapnya sebagai pemanasan dan ekspansi basis dukungan agar lebih dekat dengan pemilih nasional. Ya, semacam penguatan untuk kampanye udara," kata pengamat politik asal Universitas Trunojoyo (UTM) Madura Surokim Abdussalam.

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Lewat baliho itu juga, PDIP dan Puan Maharani makin menegaskan sikap politiknya di Pilpres 2024. Menurutnya, omongan sejumlah elit Banteng yang mengkritik Ganjar sebagai upaya untuk memuluskan langkah putri mahkota ke Pilpres 2024.

Di dunia maya, pemasangan baliho Puan ini membuat heboh warganet. Netizen menanggapi baliho tersebut dengan macam-macam komentar. Ada yang mendukung, tak sedikit yang mengritik. Sebagian lagi menduga pemasangan baliho ini beraitan dengan keseriusan Ketua DPR itu untuk maju di Pilpres 2024.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini