Go Cak Imin Go! Petani hingga Nelayan Siap Menangkan di Pilpres 2024

Go Cak Imin Go! Petani hingga Nelayan Siap Menangkan di Pilpres 2024 Kredit Foto: Instagram/Muhaimin Iskandar

Barisan Tani Nelayan Abdul Muhaimin Iskandar (Baristan-AMI) segera dideklarasikan. Sesuai namanya, organisasi relawan ini merangkul petani dan nelayan untuk mengusung dan memenangkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi Calon Presiden 2024.

“Kita sedang bersiap launching, setelah deklarasi nanti kita patenkan strukturnya,” ujar Inisiator Baristan-AMI, Idham Arsyad, kemarin. Baca Juga: Curi Start Pasang Baliho di Seantero Jawa Timur: Puan Maharani Kuat untuk Pilpres 2024

Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Tani (Gerbang Tani) ini mengatakan, para kader yang tergabung di dalam sayap partai PKB ini dipastikan mendukung dan bergabung dengan Baristan-AMI. Baca Juga: Gara-Gara Omongan SBY, Demokrat ke Pendukung Jokowi: Belajar Dulu, Baca Yang Lengkap Baru Ngegas!

Harapannya, dukungan terhadap Cak Imin-sapaan akrab Muhaimin Iskandar itu, tidak hanya datang dari internal partai, juga dari luar. 

Menurutnya, alasan mendasar membuat saluran politik untuk petani dan nelayan dalam mengusung Cak Imin karena beragam persoalan pertanian belum beres-beres dari setiap rezim pemerintahan.

Misalnya, masalah kepemilikan lahan pertanian yang kerap berujung konflik agraria. Politisi PKB ini menilai, kedaulatan pangan belum menjadi komitmen kuat dari pemerintah sehingga harus mengusung sendiri calon yang dianggap pro petani dan nelayan.

Dirincikan, ada delapan poin mengapa Cak Imin sebagai capres ideal yang layak didukung petani dan nelayan. Di antaranya, Cak Imin dianggap terlibat aktif dalam perjuangan pertanian dan reforma agraria. Selain itu, juga berkomitmen terhadap peningkatan anggaran dan investasi petani.

“Cak Imin terlibat aktif dalam pengesahan Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, serta Undang-Undang Nelayan, Pembudidayaan Ikan dan Pertambakan Garam,” bebernya.

Meski tidak tahu kapan PKB akan mendeklarasikan Cak Imin sebagai jagoan di Pilpres 2024, tapi Idham memastikan, seluruh kader PKB pasti mendukung Cak Imin berlaga di Pilpres 2024.

“Dari internal pasti mendukung, tapi jauh lebih penting dari luar dulu dukungannya,” tutupnya.

Belakangan ini, sel-sel PKB mulai menjagokan Cak Imin sebagai Capres di Pilpres 2024.

Sebelumnya, organisasi sayap PKB, Perempuan Bangsa tengah mempersiapkan deklarasi mendukung Cak Imin sebagai Capres.

“Masih dalam pembahasan dan rekomendasi untuk dibawa ke Mukernas Perempuan Bangsa,” ujar Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini