BI Sumut Catat Perekonomian pada Triwulan I-2021 Lebih Baik dari Sebelumnya

BI Sumut Catat Perekonomian pada Triwulan I-2021 Lebih Baik dari Sebelumnya Kredit Foto: Khairunnisak Lubis

Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara (Sumut) pada triwulan I 2021 tercatat -1,85% (yoy), lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar -2,94% (yoy).

Kepala Perwakilan BI Sumut, Soekowardojo mengatakan meskipun realisasi ini masih lebih rendah dari nasional yang sebesar -0,74% (yoy) dan juga dari Sumatera yang sebesar -0,86% ( yoy). 

"Secara spasial, Dikatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Sumut lebih baik dari beberapa provinsi lain di Sumatera yang terkontraksi cukup dalam seperti di Lampung dan Aceh," katanya, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: Mandiri Sekuritas Raih 'Best Investment Bank in Indonesia' 11 Tahun Berturut-turut

Di sisi lain, sejalan dengan pola historisnya, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2021 secara triwulanan mengalami penurunan menjadi -0,22% (qtq) dari triwulan sebelumnya sebesar 0,05% (qtq).

Baca Juga: Investasi Warren Buffett Bukan Kaleng-Kaleng, Duit Rp7 Triliun Diguyur untuk Bank Ini!

"Berdasarkan tracking terkini, kondisi perekonomian Sumut untuk keseluruhan tahun 2021 dapat terakselerasi dibandingkan 2020. Pertumbuhan tersebut diperkirakan menunjukkan indikasi positif sekitar 3-4,5% sejalan dengan optimisme perbaikan ekonomi global maupun nasional," katanya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini