Demokrat-Golkar Koalisi Ideal, AHY-Airlangga Dijodoh-jodohkan

Demokrat-Golkar Koalisi Ideal, AHY-Airlangga Dijodoh-jodohkan Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief mengatakan bahwa koalisi partainya bersama Partai Golkar dinilainya ideal. Mengingat ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold saat ini sebesar 20 persen.

"Banyak yang menyebut koalisi 20 persen Golkar dan Demokrat adalah koalisi ideal," ujar Andi kepada wartawan, Kamis (10/6).

Perjodohan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga merupakan pendapat para pengamat dan imbas dari presidential threshold sebesar 20 persen. 

Baca Juga: Bikin Geger, Video Pidato Bos PDIP Jateng Bocor: Siapa Pun Capresnya, Puan Cawapresnya

Kedua pimpinan partai itu, dinilai Andi, saat ini juga tengah berada di posisi yang sama. AHY dan Airlangga disebutnya sedang fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 dan mengurus partai.

"Sama seperti Golkar, AHY pun demikian, ini semua masih penjajakan. Airlangga masih sibuk urus ekonomi dan pandemi, AHY masih sibuk konsolidasi partai dan membantu pemerintah atasi pandemi dan soal ekonomi," katanya.

Namun, ia menegaskan bahwa koalisi antara Partai Demokrat dan Golkar belumlah keputusan resmi. Meskipun tak dimungkiri, kedua partai merupakan koalisi yang aman dan nyaman.

"Sekali lagi belum ada pembicaraan resmi di antara kedua partai ataupun dengan partai-partai lain," ucap Andi.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini