Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang PTM Terbatas, Kak Seto Minta Sekolah Bangun Komunikasi Efektif dengan Orang Tua

Jelang PTM Terbatas, Kak Seto Minta Sekolah Bangun Komunikasi Efektif dengan Orang Tua Kredit Foto: Instagram/Kak Seto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Psikolog Anak dan Pendidik Seto Mulyadi, atau yang lebih dikenal sebagai Kak Seto, meminta pihak sekolah membangun komunikasi yang efektif dengan orang tua peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir kekhawatiran orang tua murid untuk membiarkan anaknya mengikuti program tersebut.

Baca Juga: Laksanakan PTM Terbatas, Begini Pesan Pemerintah untuk Sekolah

"Harus ada komunikasi yang efektif antara pihak sekolah dengan orang tua. Tidak sekadar massal, kalau perlu komunikasi secara individual. Sekarang kan bisa melalui WhatsApp, Zoom, dan sebagainya," ujar Kak Seto pada diskusi virtual bertema Kiat Belajar Sehat di Sekolah dan di Rumah, Kamis (10/6/2021).

Dia mengakui masih ada orang tua yang khawatir akan keamanan dari pelaksanaan PTM terbatas. Menurutnya, kekhawatiran tersebut merupakan hal yang wajar mengingat masih ada kasus kelonjakan Covid-19 di beberapa daerah.

Oleh sebab itu, Kak Seto meminta pihak sekolah mengkomunikasikan kondisi kesiapan sekolah dalam upaya pelaksanaan PTM terbatas kepada orang tua peserta didik sehingga mereka percaya dan yakin.

"Karena orang tua akan selalu mengedepankan hak anak untuk tetap sehat dan tetap selamat," katanya.

Kak Seto juga mengimbau pihak sekolah untuk bisa menerima saran dan masukan dari orang tua peserta didik agar pelaksanaan PTM terbatas dapat berjalan dengan baik.

"Mungkin masukan dari orang tua ini terlupakan oleh pihak sekolah. Artinya begitu semua sudah sama persepsinya, orang tua juga akan rela melepas putra-putrinya untuk bisa pergi ke sekolah," ungkap Kak Seto.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan