Kisah Orang Terkaya: Eric Wittouck, Bangsawan Asal Belgia yang Jadi Miliarder Dunia

Kisah Orang Terkaya: Eric Wittouck, Bangsawan Asal Belgia yang Jadi Miliarder Dunia Kredit Foto: Hbvl.be/Eric Wittouck

Orang terkaya di Belgia ialah Eric Wittouck, pemilik perusahaan gula Tiens Suicker. Kekayaan bersih Wittouck telah meningkat secara dramatis berkat perusahaan Invus, sebuah perusahaan ekuitas swasta New York yang sebagian besar mengelola uang Wittouck.

Invus dijalan oleh Ray Debbane dan telah mencetak keuntungan besar melalui investasi seperti Blue Buffalo Pet Products dan Weight Watchers.

Keputusan Wittouck untuk tetap berinvestasi penuh di Invus adalah salah satu keputusan investasi terbesar yang pernah ada. Hal ini karena sepupu-sepupunya kebanyakan menarik uang mereka 20 tahun yang lalu.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Jay Chaundhry, Perantau Miskin dari India yang Jadi Miliarder di AS

Wittouck adalah keluarga bangsawan Belgia yang diturunkan dari Tujuh Rumah Bangsawan Brussel sejak abad ke-18. Keluarga ini telah membedakan dirinya dalam magistrasi tinggi dan industri tinggi (penyulingan, pembibitan, penyulingan gula).

Dan Eric Wittouck telah mencopot Alexandre Van Damme sebagai orang terkaya di Belgia dengan harta kekayaan mencapai USD10 miliar (Rp142 triliun). Eric Wittouck lahir di Uccle, 5 Oktober 1946.

Wittouck telah memimpin penjualan Raffinerie Tirlemontoise ke Südzucker Jerman pada tahun 1989. Pendapatan yang dihasilkan diinvestasikan kembali di perusahaan induk Luksemburg Artal, yang dengannya dia mendapatkan American Weight Watchers.

Salah satu kepemilikan Artal yang paling penting adalah Blue Buffalo Pet Company, produsen pakan organik, yang dijual pada tahun 2017 dengan keuntungan modal sebesar €1,8 miliar (Rp31 triliun).

Selain Eric Wittouck dan Alexandre Van Damme, 5 orang Belgia terkaya termasuk keluarga mendiang Albert Frère yang diperkirakan kekayaannya lebih dari €6,9 miliar (Rp119 triliun), keluarga Werner de Spoelberch, juga pemegang saham AB InBev yang kekayaannya lebih dari €6,8 miliar (Rp117 triliun dan keluarga de Mévius yang kekayaannya lebih dari €3,4 miliar (Rp58 triliun).

(kurs 1 Euro/€ = Rp17.322)

(kurs 1 Dolar AS/USD = Rp14.241)

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini