Wakilnya Biden Larang Orang Guatemala Bermigrasi ke Amerika, Rupanya karena...

Wakilnya Biden Larang Orang Guatemala Bermigrasi ke Amerika, Rupanya karena... Kredit Foto: Reuters/Carlos Barria

Wakil Presiden Kamala Harris, dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjabat, menyampaikan pesan langsung kepada warga Guatemala yang berpikir untuk bermigrasi ke Amerika Serikat: "Jangan datang."

Berbicara pada konferensi pers Senin (7/6/2021) kemarin setelah bertemu dengan Presiden Guatemala Alejandro Giammattei, Harris mengatakan pemerintahan Biden ingin "membantu warga Guatemala menemukan harapan di rumah."

Baca Juga: Ratu Elizabeth Bakal Temui Joe Biden, Apa Agendanya?

NPR melaporkan pada Selasa (8/6/2021), Harris kemudian menambahkan, "Saya ingin menjelaskan kepada orang-orang di wilayah ini yang berpikir untuk melakukan perjalanan berbahaya ke perbatasan Amerika Serikat-Meksiko: Jangan datang. Jangan datang."

Dia menambahkan, "Amerika Serikat akan terus menegakkan hukum kami dan mengamankan perbatasan kami."

Rekor jumlah orang, kebanyakan dari Amerika Tengah, telah datang ke perbatasan AS dengan Meksiko dalam beberapa bulan terakhir untuk mencoba mencari suaka, melarikan diri dari kekerasan dan korupsi.

Tantangan kemanusiaan telah menciptakan masalah politik bagi pemerintahan Biden, dan Partai Republik sangat kritis bahwa Harris —yang ditugaskan untuk mengatasi akar penyebab migrasi—belum mengunjungi perbatasan.

Namun peringatannya kepada calon migran menuai kritik dari sesama tokoh Demokrat, Rep. Alexandria Ocasio-Cortez dari New York, yang menyebutnya "mengecewakan" dan mengatakan Amerika Serikat perlu "mengakui kontribusinya terhadap destabilisasi dan perubahan rezim di negara itu. wilayah."

Ditanya tentang komentar Ocasio-Cortez, Harris mengatakan dia fokus pada misinya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini