Ranking Literasi Indonesia 10 Terbawah, Hero Group Lakukan Ini

Ranking Literasi Indonesia 10 Terbawah, Hero Group Lakukan Ini Kredit Foto: Istimewa

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019 yang menempatkan minat baca masyarakat Indonesia pada ranking ke 62 dari 70 negara, atau posisi 10 negara terbawah.

Melihat kondisi tersebut, selama pandemi Covid-19 tak kunjung menyurutkan langkah PT Hero Supermaket Tbk (HERO Group) dalam mendukung pendidikan di Indonesia. 

Salah satunya, saat memperingati hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2021, Hero Group menyelenggarakan program Donasi Buku Untuk Negeri. Penyerahan donasi buku dilakukan secara simbolis bersama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok. Selain di Depok, Hero Group juga menyalurkan donasi buku secara serentak ke berbagai yayasan dan taman baca di seluruh Indonesia pada hari yang sama. Baca Juga: Pembaca Puisi di Malaysia Akan Gelar Acara Baca Puisi untuk Nanggala-402

Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto mengatakan program ini dilakukan berdasarkan dorongan keprihatinan Hero Group.

“Kami menyadari pentingnya mendorong semangat baca anak-anak Indonesia demi terciptanya kualitas pendidikan yang lebih baik. Kami berharap inisiatif ini dapat  menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak sejak usia dini.” kata Diky dalam keterangan resminya, Jumat (21/5/2021).

Hero Group mengajak pelanggan, team member dan komunitas untuk menyumbangkan buku bacaan melalui dropbox yang telah disediakan di gerai-gerai Hero Supermarket dan Giant yang tersebar di wilayah Indonesia mulai tanggal 12 April hingga 17 Mei 2021. 

Melalui program ini, lebih dari belasan ribu buku bacaan yang telah terkumpul akan disalurkan kepada yayasan dan taman bacaan di seluruh Indonesia.

Sementara untuk hasil donasi wilayah Jabodetabek, penyerahan buku secara simbolis dipusatkan di salah satu sarana Home Children Learning Center yang dikelola oleh Human Initiative, dimana HERO Group bekerja sama dalam pelaksanaan program ini.

Diky menjelaskan program “Buku untuk Negeri” ini merupakan rangkaian dari program Hero Books of Happiness yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mendorong minat baca anak sekaligus mendukung kegiatan pembelajaran di berbagai wilayah Indonesia. 

Hero Books of Happiness sendiri merupakan salah satu program dari pilar Pendidikan CSR HERO Group yang menjadi komitmen HERO Group dalam mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan literasi dan taraf pendidikan di Indonesia. 

Program Hero Books of Happiness telah terlaksana sejak beberapa tahun lalu serta merupakan program rutin dan edukasi secara berkelanjutan. 

"Diharapkan dapat membantu mengatasi keterbatasan akses terhadap buku bacaan dan menunjang kegiatan pembelajaran anak-anak di masa pandemi,"ungkapnya

Dalam pengumpulan donasi buku untuk program “Buku Untuk Negeri” yang dilakukan selama sebulan ini, Hero Group juga melakukan beberapa kegiatan di Instagram untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam campaign dan challenge yang diadakan untuk menggalakkan budaya literasi.

“Saat ini anak-anak usia sekolah lebih mengenal dengan handphone. Maka kami juga menggunakan sosial media untuk mengkampanyekan minat baca ini dengan membuat berbagai aktivitas seperti menceritakan buku favorit yang pernah dibaca. Kami berharap hal ini akan membangkitkan semangat membaca dan masyarakat mendapat referensi buku menarik yang dapat dibaca”.jelasnya

Adapun, Kasi Dikmas Dinas Pendidikan Depok, Bambang Pramudiyono memberikan apresiasi kepada HERO Group atas terselenggaranya program dan dukungan gerakan peningkatan minat baca yang dinilai inspiratif dan memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.

“Harapan Pemerintah Kota Depok dan Dinas Pendidikan program Donasi Buku Untuk Negeri ini dapat ditingkatkan lagi di masa mendatang, begitu juga dengan peningkatan kerja sama dengan Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Depok,” pungkasnya. 

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini