Sudah Menyebar dari India hingga Rusia, Indonesia Harus Waspadai Varian Baru Virus Corona Ini

Sudah Menyebar dari India hingga Rusia, Indonesia Harus Waspadai Varian Baru Virus Corona Ini Kredit Foto: Antara/REUTERS/Gonzalo Fuentes

Pokja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM  berharap masuknya varian baru virus corona B1617 di Tanah Air menjadi perhatian karena telah naik status sebagai variant of concern (VoC) atau yang perlu diwaspadai.

"Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bersama khususnya masyarakat Indonesia, mengingat varian ini telah dideteksi di Indonesia dan juga statusnya naik jadi VoC," kata Ketua Pokja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM drGunadi di Yogyakarta, Kamis.

Ia menjelaskan per 11 Mei 2021, WHO telah meningkatkan status varian COVID-19 B1617 dari Variant of Interest (VoI) menjadi Variant of Concern (VoC) di level global. Dengan demikian, varian tersebut dinyatakan patut diwaspadai penyebarannya karena telah terbukti mempengaruhi kecepatan transmisi atau lebih mudah menyebar.

Meski demikian, ia meminta masyarakat di Tanah Air tidak panik menghadapi situasi saat ini. Namun tetap waspada dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Dosen FK-KMK UGM ini menjelaskan bermutasi dengan membentuk varian-varian baru merupakan hal yang normal dilakukan virus jenis apa pun untuk bertahan. Beberapa varian hasil mutasi SARS CoV-2 yang sejauh ini sudah ada di antaranya varian Afrika Selatan, varian Brazil, sampai varian Rusia.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini