Apa Itu XRP?

Apa Itu XRP? Kredit Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta

XRP adalah cryptocurrency yang berjalan di sistem XRP Ledger, sebuah blockchain yang dikembangkan oleh Jed McCaleb, Arthur Britto, dan David Schwartz. McCaleb dan Britto kemudian meluncurkan Ripple dan menggunakan XRP untuk memfasilitasi transaksi di jaringan tersebut. Anda dapat membeli XRP sebagai instrumen investasi, yaitu koin untuk ditukar dengan cryptocurrency lain atau sebagai cara untuk membiayai transaksi di jaringan yang terdapat di Ripple.

Blockchain XRP beroperasi sedikit berbeda dari kebanyakan kripto lainnya. Cryptocurrency lain membuka buku besar transaksi dan proses verifikasi kepada siapa saja yang dapat menyelesaikan persamaan kompleks dengan cepat, tetapi transaksi ini aman karena mayoritas pemegang buku besar harus setuju dengan syarat verifikasi agar dapat ditambahkan.

Baca Juga: Apa Itu Ripple?

Jaringan Ripple XRP sepertinya memusatkan kepada banyak hal. Meskipun siapa pun dapat mengunduh perangkat lunak validasinya, ia dapat mempertahankan apa yang disebutnya sebagai daftar simpul unik yang dapat dipilih pengguna untuk memverifikasi transaksi mereka berdasarkan peserta mana yang menurut mereka paling tidak mungkin untuk melakukan scamming. Daftar defaultnya saat ini berisi 35 validator tepercaya.

Ripple memutuskan validator mana yang akan disetujui untuk setiap daftar ini dan juga membuat enam node validasi ini. Namun, pengguna dapat memilih jalan keluar dari daftar default ini dan secara hipotetis menghapus validator yang didukung oleh Ripple dari transaksi mereka sepenuhnya, alih-alih membuat daftar validator tepercaya mereka sendiri. Ini akan memungkinkan jaringan tersebut untuk terus menyetujui transaksi bahkan tanpa menggunakan Ripple, perusahaan tetap terlibat atau bahkan terus ada.

Saat transaksi baru masuk, validator memperbarui buku besar mereka setiap tiga hingga lima detik dan memastikannya cocok dengan buku besar lainnya. Jika ada ketidakcocokan, mereka berhenti untuk mencari tahu apa penyebab permasalahannya. Hal ini memungkinkan Ripple untuk memvalidasi transaksi secara aman dan efisien, yang memberikan keunggulan dibandingkan mata uang kripto lainnya, seperti Bitcoin.

Pilih Mana, Bitcoin atau XRP?

Bitcoin beroperasi menggunakan buku besar blockchain publik yang mendukung mata uang digital dan digunakan untuk memfasilitasi pembayaran barang atau jasa. Jaringan bitcoin didasarkan pada konsep blockchain, buku besar publik dari transaksi yang sudah terverifikasi dan sudah tercatat dengan baik. Miners atau penambang dapat memverifikasi transaksi secara berkelanjutan dan menambahkannya ke blockchain Bitcoin. Sebagai imbalan atas waktu mereka dan daya komputasi yang diperlukan untuk memvalidasi buku besar dengan cara ini, penambang akan diberi hadiah berupa BTC setelah berhasil memvalidasi transaksi.

XRP adalah cryptocurrency asli untuk produk yang dikembangkan oleh Ripple Labs. Produknya digunakan untuk penyelesaian pembayaran, pertukaran aset, dan sistem pengiriman uang yang bekerja lebih seperti SWIFT, layanan untuk melakukan transaksi internasional dan transfer keamanan yang digunakan oleh jaringan bank atau perantara keuangan lainnya. XRP bisa ditambang dan menggunakan metode penambangan yang tidak terlalu rumit dibandingkan dengan Bitcoin.

Haruskah Anda Membeli XRP?

Sementara beberapa orang mungkin menganggap visi dan manfaat untuk XRP menarik, banyak orang khawatir akan gugatan SEC dapat menimbulkan masalah bagi mereka yang ingin memercayainya. Mereka memosisikan diri sebagai lapisan penyelesaian untuk perusahaan yang diatur, tetapi mereka juga terlibat dalam sengketa dengan SEC. Tak satu pun dari pelanggan yang mereka sukai untuk bergabung dapat benar-benar mulai menggunakan XRP sampai Ripple menyelesaikan masalah hukum mereka.

Dengan semua ketidakpastian ini, Enneking memperingatkan bahwa XRP bisa menjadi taruhan bukan untuk mereka yang lemah hati. Meskipun sejak itu mata uang kripto ini menjadi pulih, pernyataan dari SEC ini menyebabkan harga XRP jatuh, membuat mata uang crypto ini menjadi investasi yang sangat tidak stabil sampai semua masalah diselesaikan dengan pihak SEC.

Meskipun demikian, jika Anda yakin bahwa Ripple akan muncul sebagai pemenang melawan SEC dan terus mengambil alih sebagai sistem pembayaran yang optimal, ada baiknya Anda untuk membeli XRP. Pastikan saja anggaran Anda cukup agar bisa terhindar dari kerugian yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini